Pulihkan Stamina dengan Tidur Siang

by
March 9th, 2015 at 9:01 am

CiriCara.com – Rasanya waktu 24 jam enggak cukup di saat kegiatan lagi banyak, tugas menumpuk dan ada bermacam target yang belum terselesaikan. Bangun tidur yang dipikirkan langsung kerjaan, mau tidur yang dipikirkan masih tentang kerjaan. Sampai dibelai-belain begadang supaya segala macam tugas bisa selesai sebelum deadline. Waktu tidur kamu pun semakin hari semakin berkurang. Tekanan beruntun datang. Badan jadi terasa mudah lelah dan kelopak mata kelihatan sayu.

tidur siang

Tidur siang – Ist

Padahal kurangnya waktu tidur tidak hanya membuat meningkatnya tingkat kecelakaan akibat mengantuk saat berkendara, juga berpotensi meningkatkan beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan depresi. Selain itu rasa stress akibat kurang tidur akan berpengaruh juga pada kondisi kulit. Kulit akan terlihat kusam, banyak garis-garis halus, kering dan kasar. Hal ini terjadi karena tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk melepaskan hormon-hormon sel pertumbuhan kemudian menggantinya dengan sel-sel baru.

Tidur siang, salah satu cara termudah untuk memulihkan energi kamu. Tidur siang dapat menyembuhkan gejala penyakit akibat kurang tidur. Khususnya bagi kamu yang bekerja pada shift malam atau sering mengalami gangguan tidur saat malam hari. Tentunya supaya bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang, maka harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidur siang yang efektif dan memberi manfaat maksimal dilakukan pada rentang waktu 20-30 menit. Tidur siang paling tepat dilakukan antara pukul 13.00 hingga pukul 15.00, ketika energi kamu merosot karena hormon melatonin meningkat. Hormon melatonin diproduksi oleh otak ketika hari makin larut. Kalau kamu tidur siang lebih dari 30 menit misal, selama 45 hingga 90 menit hanya akan membuat kamu masuk pada tidur dalam. Ini malah akan membuat kamu kesulitan tidur ketika malam hari.

Kamu yang menempuh perjalanan jauh dengan mengemudikan mobil sendiri lebih baik menepi di tempat aman dan tidur selama 20 menit untuk menghindari tabrakan gara-gara mengantuk. Tidur siang singkat dapat membuat badan lebih segar dan otak lebih mampu berpikir.

Hal yang sama disampaikan oleh pendapat seorang peneliti universitas Paris Descartes-Sorbonne Paris, Dr Brice Faraut yang penulis kutip dari artikel Harian SINDO (17 Februari 2015),  mengatakan sangat disarankan untuk tidur siang selama 30 menit karena ini dapat mengembalikan perubahan hormon akibat kurang tidur pada malam hari. Tidur siang bisa dijadikan salah satu cara untuk mengurangi dampak kurangnya waktu dengan membantu sistem kekebalan tubuh (imun) dan neuroendokrin untuk kembali pulih.

Penulis: Rona Siahaan

Artikel terkait: Tips Tidur Siang yang Efektif

Comment di sini