Satu Tempat tidur RS Diperebutkan 1.063 Orang

by
March 9th, 2015 at 1:28 pm

CiriCara.com – Pelayanan kesehatan yang layak adalah hak dasar warga negara yang dijamin oleh konstitusi. Hak dasar lainnya adalah hak pendidikan dan penghidupan yang layak serta hak-hak lainnya. Di era otonomi daerah, banyak kepala daerah mengeluarkan program kesehatan dan pendidikan gratis.

tempat tidur

Tempat tidur di RS – Ist

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta misalnya punya Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar. Dua kartu itu, dikeluarkan di era Joko Widodo atau Jokowi jadi Gubernur Jakarta. Bisa dikatakan, dua kartu itu, salah satu program andalan Jokowi. Sekarang, Jokowi sudah jadi Presiden, setelah terpilih dalam pemilihan Presiden pada 2014 lalu. Bahkan kini program Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar, diadopsi jadi kebijakan nasional dengan dikeluarkannya Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Layanan kesehatan, tentunya memerlukan dukungan fasilitas kesehatan. Rumah Sakit, adalah salah satu infrastruktur paling penting dalam bidang pelayanan kesehatan, selain tentunya jumlah dokter, perawat, ketersediaan obat-obatan dan Puskesmas. Lalu berapa sebenarnya jumlah rumah sakit di Indonesia?

Tentang ini, saya dapat keterangan dari sebuah berita yang dimuat di situs berita www.swa.co.id. Dalam sebuah beritanya, mengutip pernyataan Anjari Umarjianto, Juru Bicara Pehimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) sebelum tahun 2005, jumlah rumah sakit atau RS di Indonesia tak sampai 1000 rumah sakit. Tapi kini, jumlah rumah sakit terus bertambah. Anjari menyebut angka 2.103 RS yang beroperasi di Indonesia. Dari 2.103 RS itu, kebanyakan dimiliki oleh swasta. Kemungkinan akan terus bertambah, karena kini layanan kesehatan sudah jadi ‘lahan bisnis’ tersendiri yang cukup menggiurkan.

Data Kementerian Kesehatan tahun 2014 sendiri mencatatkan jumlah rumah sakit di Indonesia mencapai 2.413 rumah sakit. Rinciannya, 1.858 rumah sakit merupakan rumah sakit umum dan sebanyak 555 rumah sakit, adalah rumah sakit khusus. Dari jumlah itu, sebanyak 809 merupakan rumah sakit privat, dimana sebanyak 742 rumah sakit diantaranya dikelola swasta, sisanya dimiliki BUMN.

Fakta lainnya, berdasarkan data profil kesehatan tahun 2012, satu tempat tidur rumah sakit ternyata diperebutkan oleh 1.063 orang. Masih menurut data profil kesehatan, rasio tempat tidur rumah sakit pada 2012 membaik bila dibandingkan dengan rasio tempat tidur rumah sakit pada 2008. Pada tahun 2008, satu tempat tidur diperebutkan 1.538 orang. Idealnya jika merujuk pada standar The World Health Organization (WHO), satu tempat tidur harusnya untuk 500 orang.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini