Tips Lancar Ijab Kabul Pernikahan

by
March 9th, 2015 at 11:25 am

CiriCara.com – Dalam ajaran agam Islam, pernikahan sepasang sejoli ini harus ada yang namanya ijab kabul. Dimana ini merupakan sebagai salah satu wujud “penyerahan” mempelai wanita kepada mempelai pria oleh ayah atau wali dari mempelai wanita.

ijab kabul

Ijab Kabul – Coletahmamasyifa.blogspot.com

Bahasa yang digunakan untuk ijab kabul ini umumnya adalah bahasa Indonesia. Namun tak jarang pula ada yang menggunakan bahasa Arab dalam ijab kabul pernikahannya. Biasanya hal ini terjadi di pernikahan kalangan ulama atau pun santri.

Meskipun terdengar mudah dan gampang, tapi sebenarnya ijab kabul ini bukan lah hal yang mudah. Banyak para calon mempelai pria yang mengakui grogi dan tegang saat akan membacakan ijab kabul. Akibatnya banyak pula yang salah.

Jadi jangan anggap remeh hal yang satu ini. Kan malu, masa baca ijab kabul bisa salah? Apalagi konon katanya tidak boleh salah melebihi 3 kali. Karena menurut kebanyakan masyarakat, jika salah lebih dari 3 kali, maka pernikahannya diundur seminggu kemudian. Entah hal ini benar atau tidak.

Tapi jangan khawatir, berikut ada beberapa cara supaya kamu bisa lancar ijab kabul pernikahan:

1. Latihan menghafal

Supaya yakin dan mantap, kamu bisa berlatih mengucapkan ijab kabul sebelum hari pernikahan. Bila perlu, kamu bisa latihan sambil menghafalnya. Dengan begitu saat hari pernikahan tiba, kamu akan siap dan lancar ijab kabulnya.

2. Tetap tenang

Kalimat ijab kabul yang dihafalin ternyata beda dengan yang dicontohin penghulu? Jangan panik. Usahakan untuk tetap tenang dan jangan kelabakan kayak cacing kepanasan. Sesusah apa pun kalimat ijab kabul, kalau kamu tenang, pasti akan mudah buat diucapkan. Kan biasanya kamu bakal diajarin dulu sampai bisa, baru ijab kabul. Tenang aja bro!

3. Siapin mental

Sehebat apa pun ingatan kamu, pasti bakal “blank” juga kalau kamu sudah gugup atau grogi. Apalagi nanti di akad nikah, pasti akan ada banyak orang yang menonton. So, kamu harus siapin mental supaya tidak gugup atau grogi pas ijab kabul.

4. Minta nasihat

Masih grogi dan bingung? Kamu minta nasihat aja sama orang yang udah berpengalaman. Mungkin ayah kamu atau om kamu punya trik yang ampuh untuk atasi rasa grogi menjelang hari pernikahan.

5. Baca doa Nabi Musa

“Robbisyrohli shodri, wayassirli amri, wahlul uqdatam mil lisani, yafqohu qouli.” Artinya “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu kamu supaya lancar ijab kabul. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini