5 Cara Sederhana untuk Memulai Bisnis

by
March 10th, 2015 at 11:40 am

CiriCara.com – Setiap orang pasti ingin hidup cukup dari hasil jerih payahnya sendiri. Siapa yang ingin menjadi robot kantor berikut jam kerja yang menyita kebersamaan dengan keluarga atau orang tercinta? Namun, banyak orang terlalu berpikir ‘ribet’ untuk memulai bisnis. Inilah yang membuat ciut atau bahkan gagal di tengah jalan. Dilansir dari laman kompas.com, Chairman of Ideoworks, Andi S. Boediman membagi tips sederhana untuk memulai bisnis.

bisnis online

Bisnis – Ist

Berawal dari Lingkungan

Tidak usah susah-susah memikirkan produk apa yang perlu Anda jual. Cukup peka untuk melihat apa yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar Anda. Langkah paling mudah adalah mencari apa yang Anda butuhkan di rumah untuk kegiatan sehari-hari.

Ini menjadi salah satu kelebihan perempuan daripada laki-laki. Kaum hawa sering kali bisa menangkap ide yang tepat sasaran. Berbeda dengan kaum adam yang kerap berpikir terlalu jauh.

Sisi Unik

Siapa bilang unik selalu bisa dilihat dari bentuk barangnya? Hal menarik bisa datang dari berbagai sisi seperti  kisah di balik bisnis Anda. Apalagi jika ingin bersaing di dunia penjualan online, Anda harus jeli melihat bagian mana yang bisa dibuat menarik. Contoh dari Andi ialah kombinasi produk seperti baju dan celana yang jika dipadukan menghasilkan penampilan unik.

Stop Promosi Konvensional

Hari gini masih sebar brosur? Hari gini masih pasang spanduk atau banner? Teknologi internet telah memberikan banyak kemudahan bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis.  Media-media konvensional tersebut kini tidaklah efektif apalagi untuk usaha yang berangkat dari rumah tangga.

Jejaring sosial seperti facebook dan twitter merupakan media yang lebih tepat. Berjualan melalui fasilitas ini juga terbukti mencapai jaringan promosi yang luas dengan biaya komunikasi yang murah serta cepat. Ditambah lagi dengan adanya aplikasi seperti BBM dan WhatsApp, bisnis bisa semakin lancar. Media-media seperti ini memungkinkan konsumen untuk mengetahui produk terbaru Anda dengan cepat.

Alternatif Transaksi

Era digital seolah mengurungkan niat banyak orang untuk melakukan pembayaran secara langsung. Jika Anda ingin membangun bisnis jarak jauh, perlu menyediakan berbagai pilihan transaksi. Amati siapa konsumen Anda dan cara pembayaran seperti apa yang mereka inginkan.

Interior Murah namun Unik

Banyak orang berpikir untuk mendekorasi tokonya agar menarik pembeli. Sebenarnya, itu bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Cukup berkreasi dengan barang-barang unik tetapi murah misalnya kertas bekas, botol bekas, sangkar, dan sebagainya. Sentuhan ini akan membuat toko Anda jadi lain dari yang lain.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini