Apa itu Penyakit ISPA?

by
March 10th, 2015 at 9:35 am

CiriCara.com – Infeksi saluran napas akut atau sering dikenal dengan ISPA merupakan jenis penyakit yang akut yang melibatkan organ saluran pernafasan seperti hidung, sinus, faring atau laring, munculnya penyakti ini ditandai dengan badan tiba-tiba pegal, beringus, sakit kepala, batuk, sakit pada tenggorokan. Yang menyebabkan terkena ISPA ini adalah adanya virus, bakteri dan jamur.

penyakit ispa

ISPA – Ist

Pada umumnya adalah virus. Secara garis besar bahwa ISPA dibedakan menjadi common cold yang disebabkan adanya virus rhinovirus, respiratory syncytial virus, adenovirus, dan lain-lain dan penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza dengan berbagai tipe. Biasanya penyakit ini muncul ketika musim pancaroba tiba yang disebabkan oleh sirkulasi virus di udara yang meningkat. Selain itu,adanya perubahan udara dari panas ke dingin seringkali memperlemah daya tahan tubuh manusia. Sehingga mengakibatkan mereka rentan terhadap penyakit ISPA ini.

Untuk terapi yang dilakukan terhadap penyakit ISPA ini adalah pemberian antibiotik, walaupun penyebab ISPA ini adanya virus yang bisa sembuh dengan sendirinya dan tanpa-tanpa obat-obatan terapeutic. Pemberian antibiotik ini dapat mempercepat penyembuhan dibandingkan dengan pemberian obat-obatan symptomatic, selain itu pemilihan obat antibiotic pada penyakit kini harus dipantau dan diperhatikan dengan baik agar jangan sampai terjadi resistensi bacterial/kuman di kemudian hari.

Apabila penderita penyakit ISPA ini dengan menguarkan batuk dan ingus sudah menjadi hijau, maka pemberian antibiotik adalah keharusan karena dengan timbulnya gejala-gejala tersebut membuktikan bahwa sudah ada bakteri yang masuk.

Menularkan virus penyebab ISPA ini?, Penyakit jenis ini memang menular dengan cara apabila ada manusia menghirup percikan lendir (droplet) yang keluar dari si penderita ISPA, solusinya adalah selalu atau biasakan untuk menutup hidung dan mulutnya saat batuk atau pilek.

Penyakit ISPA merupakan penyakit infeksi yang menular, namun sebenarnya dapat dicegah. Secara umum menjaga daya tahan tubuh pada sesorang dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih. Dan agar buah hati tidak terkena virus ISPA yang dilakukan adalah dengan pemberian vaksin influenza, akan tetapi ISPA tidak dapat dicegah dan vaksin ini. Cara yang terbaik dan sederhana adalaha dengan mencuci tangan untuk meminmalkkan kontak dengan virus penyebab ISPA.

Demikian tentang penyakit ISPA, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Hati-hati! 3 Penyakit Ini Muncul Saat Mudik.

Comment di sini