Apa itu Suku Ambon?

by
March 10th, 2015 at 2:21 pm

CiriCara.com – Suku Ambon  atau Amboina, Ambonese merupakan penduduka asli di Pulau Ambon, Saparua dan Hitu Provinsi Maluku, mereka pada awalnya berasal dari Pulau Seram seperti suku-suku lain yang lebih dahulu berdomisili di Maluku Tengah.

ambon

Ist

Suku Ambon menjalin hubungan kekerabatan dengan garis keturunan yang kental. Misalnya pada pihak ayah dan pola menetap setelah menikah adalah di lingkungan pihak ayah, jadi pasangan penganten tinggal di pihak suami. Kesatuan kekerabatan diutamakan karena akan menjalin hubungan yang harmonis antara keturunan keluarga inti senior dan keluarga inti yunior dari garis keturunan laki-laki. Pada tingkat yang lebih tertinggi mereka lebih mengenal dengan istilah “Soa”, namun pada masa sekarang istilah tersebut telah berganti menjadi “Fam” atau Famili diambil dari bahasa Belanda.

Masyarakat suku Ambon pada umumnya menyebutkan desa-desa disekitarnya dengan nama negeri.  Kesatuan kekerabatan itu dipimpin oleh kepala negeri atau bapa raja, dan kebetulan sekali kedudukan tersebut dimiliki secara turunan oleh matarumah dari Soa yang lebih senior.

Bapa Raja tersebut kedudukanya dibantu oleh suatu lembaga adat yang dinamakan Saniri Negeri. lembaga tersebut dibedakan menjadi tiga yaitu:

  • Pertama Saniri raja putih yang terdiri atas raja dan kepala Soa saja.
  • Kedua, saniri negeri yang lengkap, terdiri atas raja dan para kepala soa, para kepala adat.
  • Ketiga, saniri negeri besar yang terdiri atas raja, para kepala soa, kepala adat, kepala matarumah (yang sudah dewasa)

Bahasa yang digunakan oleh suku Ambon adalah bahasa asli yang dipengaruhi oleh bahasa Melayu, bahasa tersebut dipakai oleh 100.000 jiwa, belum termasuk yang berada di Negeri Belanda, ada dialek-dialek yang cukup terkenal di Ambon seperti Nusalaut, Saparua, Haruku, Hila, Hatu, Asilulu, Wakasihu dan lain-lain. Bahasa Ambon sekarang menjadi bahasa pengantar bagi masyarakat yang berbeda-beda suku bangsa di Provinsi Maluku.

Mata pencaharian mayoritas suku Ambon adalah bercocok tanam di ladang seperti tanaman jagung, padi, ubi jalar, ubi kayu, sayuran, kacang-kacangan, kopi, kelapa, tembakau, cengkeh dan buah-buahan serta sagu sebagai makanan pokoknya. Selain bercocok tanam suku Ambon juga membuka hutan dengan menanam sagu seperti menanam pohon kelapa, mereka membudidayakan sagu, hasil laut di Ambon sangat melimpah, sehingga mereka juga menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Pendidikan formal di kesukuan Ambon yang modern mereka lebih banyak bersekolah kemudian memilih sebagai pegawai negeri dan tentara.

Agama dan kepercayaan di Ambon sudah memeluk agama Islam dan Kristen. Jumlah pemeluk agama Islam masih minoritas dan mereka sebagai pedagang dan bidang ekonomi pada umumnya, sedangkan orang Ambon sendiri beragama Kristen dan kebanyakan mereka menjadi guru, tentara dan pegawai negeri.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Batak?

Comment di sini