Cara Jadi Pengusaha Sukses Ala Daniel Mananta

by
March 10th, 2015 at 10:16 am

CiriCara.com – Daniel Mananta membuktikan bahwa dirinya tidak hanya piawai dalam dunia entertainment tetapi juga merupakan pengusaha sukses. Mantan Video Jockey tersebut telah lima tahun membangun bisnisnya yang dikenal sebagai Damn! I Love Indonesia.

daniel mananta

Daniel Mananta – Ist/Kapanlagi

Melalui website, Daniel menjual produk yang tidak hanya menarik kaula muda tetapi juga menginspirasi para pembelinya untuk lebih cinta Indonesia. Kini, tujuh gerai kaos dan tas nasionalis tersebut telah tersebar di berbagai kota besar. Dilansir dari laman kompas.com, pria berusia 34 tahun itu membagi rahasianya dalam membangun usaha yang sukses.

Visi, Misi, dan Target yang Jelas

Menurut Daniel, untuk memulai bisnis, seseorang perlu menentukan visi dan misi yang spesifik. Misalnya, visi dan misi Damn! I Love Indonesia ialah mengembangkan budaya Indonesia dan meningkatkan nasionalisme anak muda. Selain itu, tentukan target yang jelas seperti memiliki toko baju baik di dalam maupun di luar negeri. Pria asal Jakarta ini telah membuktikan bahwa target dan misi yang jelas membuat Anda tidak terpengaruh berbagai godaan dan rintangan.

Memadukan Visi dengan Produk

Visi sudah ada di genggaman, tinggal memilih produk apa yang bisa menyampaikannya. Alumni  Aquinas College, Australia itu melihat fashion sebagai jalan yang strategis. Ia kemudian mengonsep produk yang bernilai internasional namun tidak mengurangi aspek budaya di dalamnya. Agar visinya tercapai, Daniel tidak mencanangkan produknya untuk menjadi souvenir tetapi merupakan pakaian identitas Indonesia.

Kolaborasi

Host acara Indonesian Idol tersebut tidak menyiakan keberuntungan yang ada padanya. Sebagai selebriti, ia memiliki banyak jaringan untuk mengembangkan bisnis. Peraih Panasonic Gobel Award 2013 ini merangkul berbagai perusahaan untuk berkolaborasi. Daniel memilih perusahaan yang sesuai dengan karakter usahanya.

Memiliki teman-teman artis juga kesempatan yang tidak ia lewatkan.   Aktor sekaligus produser film berjudul Killers tersebut menggandeng para bintang untuk menjadi duta produknya.

Harga Menengah

Pilihlah harga yang menarik bagi konsumen namun cukup menghargai proses kreatif dalam pembuatan produk Anda. Inilah yang dilakukan Daniel dalam menetapkan harga pada bisnisnya. Ia menyebutnya dengan ‘harga menengah’.

Penulis: Ummu Solid

Artikel terkait: 7 Pria “Teman Dekat” Agnes Monica

Comment di sini