Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

by
March 10th, 2015 at 2:08 pm

CiriCara.com – Kamu memiliki wajah yang penuh jerawat? Itu artinya kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam merawat kulit. Jangan sampai perawatan kulit yang kamu jalani itu justru membuat jerawat kamu jadi makin parah. Lalu harus bagaimana?

jerawat

Wajah berjerawat – Ist

Perlu kamu ketahui, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat kulit wajah sedang berjerawat. Jika kamu melanggar larangan tersebut, maka otomatis jerawat yang ada malah akan jadi makin parah dan tidak sembuh-sembuh.

Langsung saja yuk simak cara merawat kulit wajah berjerawat agar tidak semakin parah:

1. Jangan disentuh

Apa yang kamu lakukan saat melihat jerawat di wajah? Mungkin beberapa akan menjawab menyentuh atau dipencet. Padahal hal ini adalah salah dan hanya akan membuat jerawat jadi makin parah. Kenapa? Iya, karena kuman dari tangan bisa berpindah ke kulit wajah dan bisa menginfeksi jerawat.

2. Sabun khusus

Pilih sabun yang memang cocok dengan kulit kamu. Hindari menggunakan sabun dengan bahan kimia yang keras. Hal ini bisa merusak lapisan pertama kulit wajah dan bisa meninggalkan bekas luka. Jadi kamu harus pilih sabun yang tepat.

3. Ikat rambut

Suka dengan model rambut poni yang menutupi jidat? Jika kulit wajah kamu sedang berjerawat, lebih baik hindari model rambut poni ini. Hal ini karena minyak dari rambut itu hanya akan memperburuk kondisi jerawat. Lebih baik diikat atau pakai bando saja agar kulit wajah bisa mendapat udara segar tanpa harus terhalangi rambut.

4. Pakai tisu

Apa yang kamu gunakan untuk mengusap wajah saat berkeringat? Handuk/saputangan? Yakin bersih. Lebih baik gunakan tisu saja, praktis dan bisa langsung dibuang setelah dipakai. Jadi kamu tidak perlu khawatir kuman akan kembali lagi ke wajah.

5. Makanan sehat

Suka makan gorengan atau makanan berminyak lainnya? Jangan lakukan hal ini jika sedang jerawatan. Makanan berminyak hanya akan memperburuk kondisi jerawat. Lebih baik perbanyak makanan sehat, seperti sayur atau buah-buahan.

Mengatasi jerawat tidak hanya dengan melakukan pengobatan. Tapi juga diperlukan perawatan yang tepat. Jangan sampai niat kamu untuk mengobati jerawat justru malah membuatnya jadi semakin parah. Semoga bermanfaat ya!

(YG)

Comment di sini