Di Bali Terdapat 2.212 Hotel

by
March 10th, 2015 at 8:34 am

CiriCara.com – Siapa yang tak kenal Bali. Bali adalah idaman banyak orang yang mau pelesiran. Ya, Pulau Bali atau biasa dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, adalah salah satu destinasi utama wisata di Indonesia. Bali, banyak dikunjungi turis asing dan domestik. Bahkan ada anekdot, bagi orang asing, Bali lebih dikenal mereka ketimbang Indonesia itu sendiri. Anekdot itu hanya membuktikan, bahwa Bali adalah tujuan favorit para pelancong dari luar negeri. Orang asing bilang, belum lengkap rasanya mengunjungi Indonesia, bila tak datang bertandang, menginjak tanah Pulau Dewata.

suasana pantai

Pantai di Bali – Ist

Bali memang mempesona. Banyak memiliki pantai berpasir putih, serta daya pikat eksotisme alam lainnya. Tak hanya alamnya yang eksotis, tapi budaya Bali pun jadi daya tarik sendiri. Pesona Bali itulah yang mampu menyihir jutaan orang baik dari luar negeri, maupun dari dalam negeri datang menyambangi Pulau Dewata. Mengutip data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali yang diunggah di situs www.bali.bps.go.id, pada tahun 2014, jumlah turis mancanegara yang datang ke Bali, sebanyak 3.766. 638 orang.

Berikut daftar tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi turis: Ubud, Garuda Wisnu Kencana, Tanjung Benoa, Kuta, Legian, Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, Jimbaran, Kintamani, Sanur Nusa Dua, New Kuta Green Park, Pasar Sukawati Kerta Gosa Klungkung, Tenganan, Pantai Lovina Wisata Lumba-Lumba, Bali Safari and Marine Park, Tanah Lot, Kebun Raya Bedugul, Tampak Siring Pura Uluwatu, Danau Beratan Bedugul, Bali Bird Park, Pura Taman Ayun, Goa Lawah, Goa Gajah, Jatiluwih Bali, Pura Besakih, Candidasa, Seminyak, Alas Kedaton dan masih banyak lainnya.

Sebagai destinasi wisata nomor satu di Indonesia, keberadaan hotel, restoran, villa dan penginapan menjadi satu hal yang mutlak. Dan, seiring berkembangnya dunia pariwisata di Bali, investasi di bidang perhotelan pun ikut tumbuh pesat. Kini, Bali, sesak dengan hotel-hotel, baik itu bintang lima, empat, tiga, dua dan satu. Belum lagi, jika menghitung penginapan-penginapan kecil atau hotel non bintang. Apalagi Bali juga jadi tujuan favorit pelancon kelas ransel atau backpacker. Hostel-hostel yang ramah bagi kantong turis ransel pun bermunculan dimana-mana. Bali juga surga bagi turis berkantong tebal yang ingin menikmati liburan secara ekslusif. Resort dan villa privat pun, banyak bertebaran di Bali.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali mencatat, pada 2013, di Pulau Dewata terdapat 54 hotel bintang lima. Pada 2014 meningkat lagi menjadi 58 hotel. Situs Tripadvisor juga pernah melansir daftar hotel terbaik di Bali pilihan visitor situs tersebut. Hotel-hotel terbaik tersebut yaitu, The Samaya Ubud, Ubud, The Chedi Club at Tanah Gajah, Ubud, Komaneka at Rasa Sayang, Ubud, Komaneka at Tanggayuda, Ubud, The Legian Bali, Seminyak, The Damai Sukasada, Sukasada, Ayung Resort Ubud, Payangan, Komaneka at Bisma, Ubud, Uma By Como, Ubud, The Kunja, Seminyak, Villa Semana, Ubud, The Purist Villas Spa, Ubud, Amori Villa, Ubud, Komaneka at Monkey Forest, Ubud, Alam Jiwa, Ubud, The Oberoi Bali, Seminyak, The Dusun, Seminyak dan The Samaya Villas, Seminyak.

Lalu berapa sebenarnya jumlah hotel di Bali seluruhnya? Mengutip keterangan Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Yuniartha Putra, jumlah hotel di Bali tercatat sebanyak 2.212 hotel dengan total 50.000 kamar. Namun menurut Yuniartha, jumlah 2.212 hotel itu adalah yang terdaftar di Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Ia perkirakan, jumlah riil kamar hotel atau penginapan di Bali lebih dari 60.000 ruangan, sebab belum menghitung vila atau pondok wisata serta penginapan ilegal.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel terkait: 5 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Jika Berkunjung ke Bali.

Comment di sini