Tak Selamanya Air Mineral Memberi Manfaat Baik

by
March 10th, 2015 at 11:23 am

CiriCara.com – Meminum air mineral memang merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh manusia. Air mineral atau yang sering kita sebut air putih, tidak ada yang bisa membantah bahwa ia memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, di sisi lain terlalu banyak mengonsumsi air mineral pun bisa jadi bumerang untuk kondisi kesehatan. Loh ko bisa?

anak minum air putih / Ist

anak minum air putih / Ist

Terlalu banyak minum air putih menyebabkan dua hal. Pertama, mengonsumsi banyak air putih lebih dari yang dibutuhkan akan meningkatkan total volume darah. Volume darah yang meningkat pada sistem pembuluh darah yang tertutup akan membuat kerja jantung dan pembuluh darah akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.

Kedua, jumlah air yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya. Ginjal akan menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Beban kerja ginjal akan semakin meningkat dengan banyaknya air yang harus disaring melalui glomerulus. Glomerulus akan rusak sebagai akibat dari menyaring banyaknya cairan yang tidak seharusnya diperlukan oleh tubuh, glomerulus bekerja ekstra keras. Sistem filtrasi di ginjal harus tetap mempertahankan jumlah air (di dalam tubuh) pada tingkat yang aman yang memang diperlukan oleh tubuh, maka kelebihan cairan harus dibuang dari tubuh. Jika kita meminum banyak air dalam waktu sangat singkat, ginjal tidak dapat membuang kelebihan cairan dari tubuh dengan cepat dan darah menjadi lebih encer dari seharusnya dengan tingkat konsentrasi garam dalam tubuh juga akan menjadi sangat rendah.

Berdasarkan artikel yang penulis kutip dari harian SINDO (24 Februari 2015), Professor Mark Whiteley, konsultan ahli bedah, sekaligus pendiri The Whiteley Clinic di London, mengungkapkan kekhawatirannya tentang pola konsumsi air minum orang-orang saat ini. Menurutnya, kebiasaan minum banyak air lebih dari yang seharusnya dalam periode yang lama dapat membentuk pola kerja otak secara kimiawi sehingga terstimulasi untuk terus membutuhkan lebih banyak air.

Professor Whiteley, yang juga merupakan ahli dalam hiperhidrosis (tentang produksi keringat berlebihan), menyakini bahwa minum secara berlebihan dapat menyebabkan produksi keringat berlebih. Anggapan ini dihubungkan dengan hasil laporan pasiennya yang menderita hiperhidrosis. Bahkan, hal itu diperparah dengan beberapa pasiennya yang mempertimbangkan untuk operasi membuang kelenjar keringatnya.

Jadi, ingat selalu ya untuk tetap minum air putih dalam jumlah yang cukup. Salam sehat!

Penulis: Rona Siahaan

Artikel terkait: Ternyata Minum Air Putih Berbahaya

Comment di sini