Apa itu Gondok?

by
March 11th, 2015 at 9:12 am

CiriCara.com – Ada yang tau gondok? Penyakit ini bukan merupakan penyakit baru di kalangan masyarakat. Bahkan penyakit ini sudah banyak menyerang masyarakat. Pernahkah kalian melihat orang yang terkena penyakit gondok? Atau bahkan kalian belum pernah tahu apa yang dimaksud dengan penyakit gondok?

penyakit gondok

Penderita penyakit gondok – Ist

Penyakit gondok adalah sejenis penyakit yang pada umumnya membuat bagian leher tubuh manusia terlihat lebih besar atau membengkak. Apa sih penyebabnya? Kok bisa jadi besar gitu? Hal itu dikarenakan adanya pembengkakan dari kelenjar tiroid yang memang terletak di are sekitar leher. Hal inilah yang menyebabkan bagian leher terlihat membengkak atau membesar.

Gondok ini sendiri pada umumnya membuat leher terlihat membengkak. Tapi ada juga jenis gondok yang menyebabkan pembengkakan di bagian dalam sehingga tidak membuat leher terlihat membesar. Gondok yang terjadi di bagian dalam leher ini dikatakan bisa lebih berbahaya daripada gondok yang terjadi di luar dikarenakan banyak orang yang tidaj menyadari bahwa itu adalah gondok.

Gondok juga pada umumnya disebabkan karena kekurangan zat dalam tubuh yang dinamakan zat yodium. Zat yodium ini sendiri pada umumnya banyaj terkandung pada garam. Jadi, jika tidak ingin kekurangan yodium, konsumsilah garam dalam takaran yang cukup, jangan terlalu berlebihan juga. Kenapa? Karena bisa membuat terjadi pengerasan pembuluh darah dan menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi.

Bagaimana cara mengobatinya? Salah satunya bisa dilakukan dengan cara melakukan operasi pengangkatan kelenjar tersebut. Atau juga kita bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi kandungan yodium yang cukup. Tenang saja, pada umumnya gondok dialami oleh masyarakat yang sudah berumur lanjut usia (lansia).

Sebenarnya bahaya gak sih? Ya namanya penyakit kalau nggak kita obati pasti akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Untuk gondok sendiri pasti akan mengganggu aktivitas karena pembengkakan itu sendiri. Bahkan kalau dibiarkan terus menerus bisa menggangu aktivitas organ tubuh kita yang lain. Karena itu, jangan pernah anggap sepele penyakit, walaupun terkadang orang berkata bahwa itu tidak terlalu berbahaya atau tidak mematikan ya guys, selalu peduli dengan apapun yang terjadi pada tubuh kita. So, keep healthy ya guys. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Artikel terkait: Apa itu Ebola?

Comment di sini