Apa Itu Job Fair?

by
March 11th, 2015 at 2:35 pm

CiriCara.com – Baru-baru ini saya menghadiri suatu acar yang dinamakan Job Fair. Disitu saya juga sekaligus menjadi salah satu panitia dalam bagian publikasi dan dokumentasi. Lalu apakah teman-teman sudah tau yang namanya Job Fair? Atau baru dengar yang namanya Job Fair? Berikut saya jelaskan sedikit mengenai Job Fair.

job fair

Job Fair – Ist

Job Fair adalah suatu acara dimana berkumpul begitu banyak perusahaan yang sedang membutuhkan beberapa karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan pada perusahaannya atau dengan kata lain perusahaan tersebut sedang membuka lapangan pekerjaan. Lalu siapa yang akan datang? Begitu banyak para pencari kerja yang datang pada Job Fair ini dan melamar pada posisi lowongan pekerjaan yang sedang disediakan itu.

Para pencari kerja yang datang pada Job Fair tersebut berasal dari berbegai kalangan. Mulai dari lulusan SMA hingga lulusan Strata dua bahkan lebih. Mereka yang datang juga bukan hanya mereka yang sedang tidak memiliki pekerjaan. Mereka yang datang juga berasal dari beberapa karyawan yang ingin mengganti pekerja_an mereka pada perusahaan lain untuk mendapatkan pekerjaan yang menurut mereka lebih baik.

Job Fair ini biasanya akan sangat ramai dikunjungi oleh para pencari kerja khususnya mereka yang berada di kota besar. Lapangan pekerjaan yang semakin sedikit, kemampuan yang rata-rata sama, dan kompetensi yang semakin kuat membuat Job Fair yang diadakan jarang sepi pengunjung.

Job Fair yang diadakan ini juga biasanya sangat membantu baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi para pencari kerja. Dalam Job Fair ini, para pencari kerja bisa langsung mengajukan CV mereka kepada perusahaan yang mereka inginkan. Selain itu mereka juga bisa langsung menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan mereka sendiri. Sedangkan dari sisi perusahaan keuntungannya adalah mereka bisa mendapatkan begitu banyak pelamar pada lowongan yang mereka sediakan. Hal ini berguna untuk proses seleksi yang lebih ketat sehingga mereka akan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Melihat Job Fair ini membuat kita menyadari betapa banyak lowongan pekerjaan yang masih ada namun kita harus mengimbangi dengan kemampuan dan pendidikan kita. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini