Apa itu Suku Ampana?

by
March 11th, 2015 at 10:36 am

CiriCara.com – Di Indonesia mempunyai banyak suku dan kesukuan, suku tersebut mempunyai banyak aneka ragam dialek, agama dan kepercayaan. Masih banyaknya suku-suku yang masih percaya dengan batu-batuan, serta pohon-pohon sebagai tempat sesembahan. Ada juga yang sudah memeluk agama seperti agama Islam, Kristen dan lain-lain. Akan tetapi walaupun mereka memeluk agama yang baru, dalam hal perayaan upacara atau tradisi masih mewariskan dari nenek moyangnya. Hal itu dilakukan sebagai pelestarian agar tidak punah sesudahnya. Suku-suku tersebut ada yang dikenal oleh masyarakat Indonesia ada juga dikenal oleh masyarakat internasional. Seperti suku Ampana di Sulawesi Tengah merupakan suku-suku yang ada Indonsia.

peta

Sulawesi – Ist

Suku Ampena merupakan suku yang mendiami pedalaman di Provinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini menurut cerita ditemukan oleh Walter Kaudern saat melakukan ekspedisi pada tahun 1917-1920, berdasarkankan harisl penelitian bahwa dia menemukan suatu komunitas masyarakat di pedalaman yaitu suku Ampana atau To Ampana atau Taa. Oleh Walter suku-suku ini kemudian dikelompokan menjadi rumpun-rumpun, seperti rumpun Poso-Toraja yang mendiami di pesisir pantai daerah Tanjung Api di kawasan aliran sungai Bongka. Kemudian rumpun Wana atau To Wana yang artinya ‘orang yang memiliki hutan’ atau ‘orang yang mendiami hutan’

Bahasa sehari-hari suku Ampana yaitu bahasa Ampana yang berasal dari dialek Taa adalah golongan atau sub dialek Wana yang berasal dari varian bahasa Pamona. Walaupun berbeda bahasa yang digunakan sehari tetapi antara warga Ampena dan orang Wana hidup harmonis, merekapun berkomunikasi cukup baik. Suku Ampana mempunyai mata pencaharian sebagian besar sebagai petani, dan mereka merupakan petani jagung, ubi, padi dan lain-lain, sebagian lagi mereka memanfaatkan hasil hutan yang berupa damar dan rotan.  Hasil pertanian kebanyakan di jual di pasar-pasar atau dijual secara barter.

Sedangkan hasil hutan mereka jual ke luar Ampena, dimana hasil hutan dari suku tersebut sangat bagus, sehingga banyak orang mencari hasil hutan suku tersebut, para pembeli berasal dari luar dari suku Ampana, untuk kebutuhan dan  keperluan pembuatan rumah atau perabotan rumah tangga.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Batak?

Comment di sini