Apa itu Suku Bali?

by
March 11th, 2015 at 3:06 pm

CiriCara.com – Suku Bali atau bahasa bali berarti anak Bali, wong Bali atau Krama Bali merupakan suku bangsa yang mendiami di pulau Bali. Asal-usul suka Bali terbagi menjadi tiga gelombang migrasi, gelombang pertama terjadi akibat sebaran penduduk yang terjadi di Nusantara pada zaman prasejarah, gelombang kedua terjadi secara perlahan di masa perkembangan dan penyebaran agama Hindu di Nusantara, dan gelombang ketiga adalah persebaran yang berasal dari Jawa, saat kerajaan Majapahit runtuh sekitar abad ke 15, dan beriringan dengan Islamisasi yang terjadi di Jawa pada waktu itu.

bali

Suku Bali – Ist

Menurut sensus penduduk tahun 2010 bahwa 3,9 juta orang Bali tersebar di wilayah Indonesia dan hanya sekitar 3,3 juta orang yang tinggal di Bali. Mereka ada yang berdiam di Nusa Tenggar Barat, Lampung, Sulawesi Tengah dan daerah transmigrasi asal Bali, dan sebagian kecil ada yang tinggal di negara Malaysia.

Suku Bali mempunyai kebudayaan yang terkenal yaitu seni tari, seni ukir dan seni pertunjukan. Gamelan merupakan salah satu bentuk seni musik yang sangat vital dalam berbagai penyelenggaraan acara tradisional dan selalu digunakan dalam acara-acara upacara atau pertunjukan-pertunjukan. Dalam masyarakat Bali, semuanya melakukan aktivitas seni yang bermacam-macam terlepas dari kesibukan sehari-harinya. Dimulai dari menari, bermain musik, melukis,memahat, menyanyi hingga menjadi peran utama (lakon) semua dilakukannya. Bahkan hampir di depan rumah terdapat pure sebagai tempat sembahyang, yang disampingnya terdapat ogoh-ogoh.

Hampir sebanyak 3.2 juta masyarakat Bali beragama Hindu dan menganut kepercayaan Hindu Siwa-Budha. Salah satu denominasi agama Hindu adalah ketika para pendeta dari India berkelana di Nusantara dan memperkenalkan sastra Hindu-Budha kepada suku di Bali selama berabad-abad lamanya. Dan suku Bali mengkombinasikan dengan mitologi pra-Hindu yang diyakini mereka. Suku Bali telah ada sebelum gelombang migrasi ketiga, mereka dikenal dengan Bali Aga, dan sebagian besar menganut agama yang berbeda dari suku Bali pada umumnya, sebab mereka masih mempertahankan tradisi animisme.

Demikian dengan Bali dari asal-usulnya, agama serta tradisi dan kesenian tradisional yang hingga kini masih dipertahankan. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Banggai?

Comment di sini