Ini Aturan Minum Air Putih yang Benar

by
March 11th, 2015 at 8:50 am

CiriCara.com – Lagi asik-asik nonton bioskop eh kamu malah harus terpaksa meninggalkan beberapa adegan untuk keluar dari dalam teater menuju toilet karena kamu kebelet buang air kecil. Atau ketika kamu lagi dalam perjalanan jauh dengan mobil dan lagi melaju di jalan tol, tiba-tiba kamu kebelet buang air kecil sementara untuk mampir ke toilet masih cukup jauh. Belum lagi ketika kamu udah merasa lelah setelah aktivitas seharian dan pengen banget menikmati tidur nyenyak tanpa kebangun sekalipun. Tapi tengah malam kamu harus terpaksa melawan rasa lelah untuk pergi sebentar ke toilet karena kamu kebelet buang air kecil. Pasti enggak enak banget mengalami kejadian seperti itu ya.

minum air mineral

Minum air putih – Republika

Nah, coba deh cek pola minum air putih kamu selama ini. Mungkin kamu mengonsumsi air dalam jumlah yang melebihi batas yang mampu diserap tubuh. Karena faktanya, mengonsumsi air putih berlebihan dapat berefek buruk pada ginjal. Kinerja ginjal jadi lebih berat dari yang semestinya karena harus mengeluarkan jumlah cairan berlebih di dalam tubuh. Selain itu, tubuh akan mengalami hiponatremia. Hiponatremia adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan natrium (kadar garam). Natrium adalah elektrolit yang berfungsi mengatur jumlah kadar air di dalam dan sekitar sel-sel tubuh. Oleh karena itu, jikalau terlalu banyak minum air dapat menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer. Supaya aktivitas kamu enggak terganggu karena mudah kebelet buang air simak yuk aturan minum air mineral yang benar di bawah ini.

Pertama, minumlah air putih secukupnya. Jumlah air yang cukup pada setiap orang sangatlah relatif karena tergantung aktivitas fisik, berat badan, jenis kelamin, cuaca, dan kondisi kesehatan. Meminum dua liter air yang umumnya dianjurkan bisa juga termasuk dari makanan atau minuman yang banyak mengandung air. Misalnya, sup, susu, buah, sayur. Kedua, minumlah saat kamu merasa haus. Selain haus, indikator saat kamu butuh minum air putih adalah melihat warna air seni (air kencing). Bila air seni berwarna kuning cerah atau bening dan jumlahnya banyak itu berarti kebutuhan cairan tubuh cukup baik dan sudah terpenuhi. Sedangkan jika warna air seni berubah menjadi lebih gelap (kuning pekat) dan jumlahnya sedikit itu berarti kebutuhan cairan tubuh masih belum terpenuhi. Kemungkinan juga kondisi tersebut merupakan signal dari tubuh yang menyatakan bahwa kamu dehidrasi. Ketiga, minumlah air putih secara bertahap jangan sekaligus dalam satu waktu. Dan santai aja jangan terburu-buru karena nanti kamu bisa keselek.

Intinya apapun yang dikonsumsi berlebih akhirnya mungkin bisa berdampak buruk bagi tubuh. Penuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan pola minum yang benar dan meminum minuman yang sehat tentunya. Salam sehat!

Penulis: Rona Siahaan

Comment di sini