Permainan Zaman Dulu yang Mulai Dilupakan

by
March 11th, 2015 at 10:53 am

CiriCara.com – Semuanya dulu pernah kecil dong? Coba ingat-ingat permainan favorit apa yang sering kamu mainkan waktu kecil sama teman-teman kamu? Atau udah pada lupa? Kecanggihan teknologi, perkembangan gadget membuat permainan masa keci kita duu sudah mulai dilupakan karena anak kecil saat ini banyak yang bermain menggunakan gadget dan aat teknologi lainnya. Yuk, kita coba ingat permainan masa kecil apa saja dulu yang pernah kita mainkan dan mungkin ada yang menjadi favorit kita.u

1. Congklak

Ist

Masih ingat dengan permainan yang mengandalkan ketajamn dan kejelihan otak satu ini? Permainan ini merupakans alah satu permainan tertua loh guys. Permainan ini menggunakan kayu sebagai papannya. Dimana kayu ini diberi lubang sebanyak 16 buah dengan susunan 7 lubang pada bagian panjangnya dand ua lubang besar di bagian lebarnya.

Permainan ini menggunakan biji-bijian untuk dimana pemain memasukkan biji-bijian ke dalam lubang tersebut. Siapa yang memiliki biji terbanyak pada lubang miliknya, maka dialah pemenangnya. Permainan ini hanya dapat dimainakn oleh dua orang. Beberapa daerah menggunakan media tanah yang dilubangi sebagai pengganti kayu. Namun congklak saat ini sudah menggunakan plastik sebagai bahan pembuatnya.

2. Engklek

Ist

Engklek adalah sebutan untuk permainan ini di Jawa. Namun ada daerah yang menyebut permainan ini dengan sebutan cak ingkling. Permainan ini sangat sederhana dan tidak memerlukan peralatan yang khusus untuk memainkannya. Hanya menggunakan batu atau apapun sebagai milik kita. Permainan ini diaminkan dengan cara membuat kotak pada tanah dimana kotak-kotak tersebut harus kita lompati dengan satu kaki. Permainan ini juga melatih kekuatan, kejelian dan keseimbangan tubuh para pemainnya.

3. Petak Umpet

Petak Umpet

Hayo siapa yang suka sembunyi? Permainan ini sangat sederhana namun menarik. Kita akan mengundi satu orang siapa yang akan menjadi penjaganya. Diamana penjaga itu bertugas untuk menjaga benteng pertahanannya, menghitung waktu sembunyi para pemain dan menemukan para pemain yang bersembunyi. Permainan ini membutuhkan kewaspadaan, tenaga dan kejelian dalam memainkannya.

Hayo, permainana mana yang menjadi permainan favoritmu? Terkadang banyak dari kita yang merindukan permainanan masa kecil kita, namun karena tergerus waktu, sudah sangat jarang kita temui permainan ini apalagi di kota besar. Selamat hidup bahagia. Semoga sukses.

Penulis: -Secret OL-

Artikel terkait: 8 Permainan Tradisional yang Dulu Sangat Populer.

Comment di sini