Apa Itu Kartu Debit?

by
March 12th, 2015 at 2:13 pm

CiriCara.com – Apakah kamu seorang nasabah bank? Tahukah kamu apa itu kartu debit? Apa bedanya dengan kartu ATM? Sebenarnya, kartu debit adalah kartu ATM itu sendiri. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju dan tuntutan hidup masyarakat semakin kompleks, kartu ATM bertambah fungsinya menjadi kartu debit.

debit

Kartu Debit – Ist

Hampir setiap bank menerbitkan kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit. Meskipun kebanyakan kartu ATM merangkap fungsi menjadi kartu debit, tapi tak semua kartu ATM adalah kartu debit, lho!

Kartu debit adalah jenis kartu plastik yang bisa kita pergunakan untuk berbelanja di setiap toko atau supermarket yang menerima. Cara menggunakannya mirip dengan kartu kredit yang cukup digesekkan ke mesin EDC. Sekilas, bentuk kartu kredit mirip dengan kartu debit.

Setiap kali kita menggunakan kartu debit, maka secara otomatis akan mendebit (mengurangi) saldo tabungan. Apabila saldo tabungan telah habis, maka kartu debit ini sudah tidak bisa dipergunakan lagi untuk berbelanja. Inilah yang membedakan kartu debit dengan kartu kredit. Karena, dana dalam kartu kredit berasal dari pinjaman bank.

Ditinjau dari sisi penerimaannya untuk berbelanja, kartu debit dikategorikan ke dalam beberapa macam yakni lokal, regional, dan internasional.

Kartu debit lokal hanya bisa dipergunakan terbatas di kota-kota tertentu saja atau di negara bank penerbit kartu tersebut beroperasi. Kartu debit seperti ini tidak bisa dipergunakan untuk berbelanja lintas negara.

Sementara itu, kartu debit regional bisa dipergunakan berbelanja lintas negara namun terbatas di kawasan-kawasan tertentu saja seperti ASEAN, Eropa, dan sebagainya. Sedangkan kartu debit taraf internasional bisa dipergunakan di hampir semua negara yang perbankannya berkembang, contohnya kartu debit yang berlogo VISA Electron atau MasterCard Electronic.

Yang perlu diperhatikan bukanlah bank penerbitnya, namun logonya. Hampir semua bank di Indonesia menerbitkan kartu debit yang bisa dipergunakan secara internasional. Mungkin, di masa yang akan datang kartu debit bisa saja memiliki sejumlah fasilitas baru seiring perkembangan teknologi dan tuntutan hidup masyarakat modern.

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Apa itu Kartu Kredit?

Comment di sini