Apa Itu Kartu Kredit?

by
March 12th, 2015 at 11:52 am

CiriCara.comKartu kredit adalah kartu plastik yang cukup banyak dipergunakan orang di seluruh dunia setelah kartu debit. Apalagi jika seseorang sudah mengetahui sejumlah keunggulan kartu kredit dibandingkan kartu-kartu plastik lain seperti kartu debit atau kartu ATM, mungkin orang tersebut akan tergoda untuk memiliki kartu kredit. Sebenarnya apa sih, kartu kredit itu? Bagaimana pula sistem kerjanya?

kartu kredit, aksi marketing kartu kredit, kecurangan marketing kartu kredit

Ilustrasi Kartu Kredit – Ist

Kartu kredit merupakan suatu jenis penyelesaian transaksi retail yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan dalam suatu transaksi. Dengan kata lain, kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank yang digunakan oleh pemegangnya untuk membeli segala keperluan dan barang-barang serta pelayanan tertentu secara ‘hutang’. Jadi, kartu kredit adalah kartu pinjaman. Atau, kartu yang memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk mendapatkan pinjaman.

Bagaimana seseorang menggunakan kartu kredit? Bank meminjamkan uangnya terlebih dahulu kepada nasabah yang telah lolos verifikasi. Tentu saja bank mensyaratkan beberapa hal seperti identitas, pekerjaan, penghasilan, dan sebagainya. Uang tersebut dikreditkan ke dalam sebuah kartu yang bisa dipergunakan untuk berbelanja atau tarik uang tunai di mesin-mesin ATM terdekat yang  memiliki logo yang sama di seluruh dunia.

Setelah melakukan transaksi dengan kartu kredit, maka di bulan depan (biasanya 30 hari setelah bertransaksi) bank akan menagih sesuai nilai transaksi tersebut. Berbeda sekali dengan kartu debit, ya? Jika kita menggunakan kartu debit, saldo tabungan akan berkurang secara otomatis. Lain dengan kartu kredit! Tabungan tak akan berkurang. Begitu tagihan kartu kredit datang, maka kita baru membayar senilai belanja kita. Karena ini adalah kartu kredit, maka kita bisa memilih untuk membayar penuh atau menyicil sekian kali. Makanya, disebut kartu kredit!

Tahukah Anda, ada istilah yang sering digunakan dalam kartu kredit. Ada istilah Limit Kartu Kredit. Ternyata, kartu kredit memiliki jumlah maksimum transaksi yang bisa dipakai dan besarnya tergantung dari jenis kartu kredit yang dimiliki. Ada kartu kredit silver, gold, atau platinum. Maksimum kredit inilah yang biasa disebut sebagai ‘limit kartu kredit’. Apakah Anda mengetahui istilah-istilah lainnya tentang kartu kredit?

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Cara Kerja Kartu Kredit

Comment di sini