Apa yang Dimaksud dengan Randai?

by
March 12th, 2015 at 9:15 am

CiriCara.com – Randai? Apa sih Randai? Namanya mungkin terdengar asing di telinga masyarakat secara umum. Baru kali ini mendengar kata Randai? Berikut akan dijelaskan mengenai apa sih yang dimaksud dengan Randai. Randai adalah salah satu jenis kesenian daerah khas Nusantara. Darimana asalnya? Randai berasal dari salah satu daerah di puau Sumatera tepatnya di Minang Kabau, Sumatera Barat.

kesenian randai

Randai – Ist

Kok namanya aneh banget? Apa sih artinya? Randai sendiri berasal dari sebuah kata yaitu merandia yang mempunyai arti mengelilingi. Pada zaman dulu, randai menjadi salah satu sarana untuk membantu komunikasi pesan penting untuk masyarakat dan penduduk Minangkabau setempat.

Kesenian ini merupakan penggabungan dari beberapa jenis seni yaitu seni drama, seni musik tradisional, seni tari dan seni beladiri silat atau yang disebut dengan silek di daerah Minangkabau. Randai tidak dimainkan secara tunggal melainkan dimainkan oleh beberapa orang dengan berkelompok atau beregu. Pada umumnya, satu kelompok randai akan diisi oleh 14 hingga 25 orang. Anggota randai biasanya disebut dengan anak randai. Biasanya, anggota randai sendiri berasal dari kalangan pengrajin, pedagang atau pun petani di daerah setempat.

Pada umumnya, Randai akan dimainkan buka pada hari biasa, melainkan untuk merayakn hari-hari tertentu yang dianggap penting seperti hari-hari besar di Minangkabau, pengangkkatan kepala daerah atau kepala suku dan pada pernikahan. Kesenian ini juga mempunyai waktu untuk dimainkan yaitu biasanya dimainkan pada malam hari. Randai juga dimainkan di tempat terbuka dan tempat umum.

Walaupun terdiri dari beberapa gabungan seni, pada dasarnya randai terdiri dari dua unsur pokok. Hal yang pertama adalah penceritaan kaba yang dipresentasikan dalam bentuk gurindam , lagu yang diiringi dengan musik tradisional dan dendang. Hal kedua yaitu tarian yang akan dibawakan dalam pola tari gelombang dimana gerak tari tersebut berasa dari silek Minangkabau tentunya dengan variasi.

Begitu banyak orang yang tertarik dengan kesenian unik satu ini. Tidak hanya warga lokal, beberapa turis asing pun ada yang ikut meramaikan kesenian ini. Ternyata begitu banyak kesenian lokal khas Indonesia yang sangat menarik. Jagalah kelestarian budaya Indonesia kita ya guys. Selamat hidup bahagia. Semoga sukses.

Penulis: -Secret OL-

Artikel terkait: Apa itu Suku Batak?

Comment di sini