Cara Jadi Pengusaha Sukses Ala Catherine Cook

by
March 12th, 2015 at 10:41 am

CiriCara.com – Ketika banyak orang gembar gembor untuk sukses sebelum usia 30, gadis satu ini sudah mengenggam karirnya sejak usia 15 tahun! Siapa dia? Catherine Cook, pemilik laman myYearBook.com yang sekarang bertransformasi menjadi meetme.com. Kesuksesan Catherine kali ini turut membuktikan kepada seluruh anak di dunia bahwa sebuah kelemahan bisa menjadi kekuatan bahkan membawa kita jadi orang kaya dengan nama yang terkenal di seluruh dunia. Bagaimana bisa?

Catherine Cook

Catherine Cook – Ist

Trouble is A Friend

Masalah di kelas bukan sesuatu yang membuat Catherine patah arang. Ketika umur belasan tahun, ia harus pindah ke sekolah baru yang rata-rata muridnya telah melewati kebersamaan sejak TK. Dalam kondisi itu, gadis cerdas tersebut sukar memperoleh teman.

Suatu hari, ia dan Dave, kakaknya yang saat itu berusia 16 tahun, membuka kembali buku tahunan. Inilah momen kreatif mereka yang kemudian memperoleh ide untuk membuat hal serupa namun dalam bentuk elektronik. Mereka pikir itu adalah cara menyenangkan bagi seoang remaja untuk mendapat teman baru.

Langsung Beraksi

Ide itu tidak lantas mereka lewatkan begitu saja. Cathrine dan Dave kemudian membuat kerangka konsep proyeknya. Mereka menetapkan kelas, kelompok, profil, dan lain-lain. Dua bersaudara ini lalu memutuskan nama myYearbook. Catherine membuat bentuk wajah tersenyum pada huruf O. Saat ini, smiley terdapat di belakang meet me.

Setelah merumuskan program, Catherine dan Dave menghubungi seorang ahli di Mumbai. Mereka rela banyak begadang untuk berkoordinasi dengan pembuat program. Alhasil, myYearbook bisa berjalan dan diluncurkan pada April 2005.

Sukses

Tidak disangka-sangka, myYearbook disambut oleh jutaan remaja dari seluruh dunia. Pada tahun pertamanya, website ini berhasil menggaet 1 juta member. Catherine cukup terkejut karena pencapaian ini sepertinya tidak mungkin diperoleh pada masa itu. Tahun 2011 lalu, anggota myYearbook sudah menyentuh angka 32,7 juta pengguna.

Pada tahun 2012, jejaring sosial itu berubah menjadi MeetMe. Pada tahun 2013, situs tersebut menyediakan aplikasi mobile dating.  Saat ini, pengguna laman MeetMe mencapai 90 juta dengan 40 juta di antaranya berusia di bawah 18 tahun.

Bagaimana Bisa?

Catherine bersedia membagi rahasianya dalam mengembangkan jejaring sosial. Saat ini kita tahu, sangat sulit mengalahkan media sosial raksasa seperti Facebook dan Twitter. Menurut Catherine, kuncinya adalah menawarkan sesuatu yang spesifik dan lebih dari sekedar mencari teman. Misalnya, myYearbook menyasar para remaja, LinkedIn menyasar para profesional.

Selain itu, Catherine menuturkan, myYearbook berkembang sesuai dengan keinginan pengguna. Pihaknya menambahkan fitur, salah satunya Battles, yang merupakan permintaan dari konsumen mereka.

Pengusaha Perlu Mentor

Bagi Catherine, berwirausaha tidak ada hubungannya dengan bakat. Seseorang hanya perlu pengajar yang sesuai dan bisa membantu. Catherine sendiri banyak mendapat nasihat dari pengalaman kakaknya, Geoff yang juga seorang pebisnis.

Perempuan yang menginjak usia 25 tahun tersebut juga menyarankan agar saat memulai bisnis, seseorang tidak malu bertanya dan menggunakan apa saja untuk menggapai impiannya. Pengusaha pun harus memiliki mental pantang putus asa.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini