Pentingnya Pengaruh Komunitas Terhadap Perilaku Kita

by
March 12th, 2015 at 11:27 am

CiriCara.com – Setiap orang pastinya ingin mempunyai teman. Teman seperti apa yang dicari? Pada umumnya tentu teman yang bisa cocok dengan kita. Teman yang bisa mengerti keadaan kita. Teman yang membuat kita nyaman, mungkin karena mempunya latar belakang atau hobi yang sama.

komunitas

Komunitas – Ist

Sampai seringkali saat ini dalam pertemanan secara sadar atau tidak sadar, secara sengaja atau tidak sengaja pertemanan kita pada akhirnya membentuk komunitas. Entah apa yang mendasari terbentuknya komunitas itu, tapi pasti ada suatu hal yang sama yang membuat komunitas terbentuk. Namun, dalam memilih suatu komunitas beberapa perlu diperhatikan.

Berikut beberapa hal mengenai pemilihan komunitas.

1. Kita Cenderung Memilih Komunitas yang Terlihat Menyenangkan

Pastinya kita melihat suatu komunitas hanya dari bagian luarnya. Pada umumnya kita akan memilih komunitas yang terlihat menyenangkan mungkin karena komunitas tersebut eksis, gaul, kompak dan lain sebagainya. Namun alangkah baiknya sebelum benar-benar mendekatkan diri ke dalam suatu komunitas, kita teliti terlebih dahulu bagian dalam komunitas tersebut.

2. Komunitas yang Dipilih Sangat Mempengaruhi Kehidupan Kita

Tentu dong. Kita akan bergaul dengan komunitas tersebut. Tidak hanya sehari atau dua hari, tentunya dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tentunya kita harus bisa menyesuaikan dengan kebiasaan dan perilaku dari komunitas itu. Karena itu pentingnya memilih suatu komunitas karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi dari perilaku kita.

3. Pengaruh Buruk Lebih Kuat Daripada Pengaruh Baik

Hal itu juga menjadi pertimbangan yang sangat penting. Bayangkan saya, sebatang besi yang kuat apabila terus menerus ditetesi oleh air, maka lama kelamaan besi itu akan berkarat dan akan rusak Begitu juag pengaruh komuntas. Sekuat apapun, sebaik apapun sifat kita, bila terus menerus berada di dalam komunitas yang mempunyai pengaruh yang buruk, maka lama kelamaan kita akan terikut arus dan berperilaku buruk sehingga meninggalkan perilaku baik kita pada mulanya.

Tidak salah jika kita ingin ikut ke dalam suatu komunitas dan bergaul dengan mereka. Namun kita harus kritis dalam memilih komunitas yang sesuai dan berdampak baik bagi kita. Selamat hidup bahagia. Semoga sukses.

Penulis: -Secret OL-

Artikel terkait: Ciri-Ciri Teman yang Pelit

Comment di sini