2 Wisata Menarik dan Edukatif di Jakarta

by
March 13th, 2015 at 8:59 am

CiriCara.com – Rasanya percuma kalo kita masih mengeluhkan kemacetan Jakarta. Kota yang ‘berlabel’ metropolitan ini selalu menjadi lirikan bagi banyak orang. Tidak sedikit yang antipati dengan kondisi kota ini, namun nyatanya berbondong-bondong pula orang dari seluruh pelosok Indonesia ingin datang ke Jakarta. Ingin mengadu nasib menjadi perantauan atau sekedar mencicipi suasana liburan ala ibu kota. Tidak bisa diingkari kota sebagai pusat pemerintahan Indonesia ini menawarkan banyak hiburan.

galeri nasional

Galeri Nasional – Ist

Tetapi disaat yang sama setiap orang yang memilih hidup di dalamnya harus siap dengan segala konsekuensi yang ada. Suatu kontradiksi yang tak terelakan, menikmati “kemegahan” beriring dengan kesemrawutan. Siapapun yang mau dapat hal enak di Jakarta diperuntukan bagi mereka yang memang cukup memiliki jiwa pejuang. Karena tiap hari harus berjuang menghadapi macet, kendaraan umum yang ugal-ugalan, copet, dan biaya hidup yang enggak bisa dibilang murah.

Bagi kamu yang setiap weekdays selalu diuji kesabarannya saat menghadapi kondisi lalu lintas menuju kantor pasti rasanya pengen banget liburan. Tapi mengajukan cuti pun enggak gampang. Satu-satunya harapan untuk refreshing hanyalah akhir pekan. Kalo memang enggak bisa liburan ke luar kota, ada loh tujuan wisata di Jakarta yang bisa menyegarkan kamu bahkan menambah pengetahuan. Datang deh ke tempat-tempat di bawah ini.

Galeri Nasional

Saat kamu berkunjung ke tempat ini kamu bisa menikmati beragam jenis pameran, ada pameran permanen dan temporer. Lokasinya ada di Jl. Medan Merdeka Timur No.14 persis di depan stasiun Gambir. Galeri Nasional merupakan suatu perwujudan untuk mengapresiasi karya seniman Indonesia dan mancanegara. Menyimpan sejumlah 1.785 koleksi seni rupa seperti lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni kriya dan seni instalasi. Yang menariknya lagi kamu bisa menikmati beragam koleksi eksklusif karya seni tersebut tanpa dipungut biaya sama sekali.

Planetarium

Enggak perlu jadi astronot untuk bisa jalan-jalan ke antariksa. Kini kemajuan teknologi, memudahkan kamu untuk mengetahui dunia luar angkasa. Kamu hanya perlu datang ke Planetarium yang lokasinya ada di Komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya No.73, Menteng, Jakarta Pusat.

Di teater bintang yang bentuknya kubah setengah lingkaran kamu bisa belajar mengenai simulasi tata surya, dunia perbintangan, planet, gerhana matahari, gerhana bulan, dan galaksi. Biaya masuknya pun enggak akan menguras dompet kamu. Karena kamu cukup mengeluarkan Rp. 7.000 (untuk dewasa) atau Rp. 3.500 (untuk anak-anak). Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap hari, kecuali hari senin dan libur nasional. Jadwal pertunjukannya dimulai dari pukul 10.00 hingga 15.30.

Penulis: *RONA SIAHAAN*

Artikel terkait: Cara Berwisata Murah dan Edukatif di Jakarta

Comment di sini