Apa itu E-Banking?

by
March 13th, 2015 at 9:37 am

CiriCara.com – E-Banking atau perbankan elektronik atau internet banking merupakan suatu transaksi baik pembayaran, transfer atau transaksi lainnya yang dilakukan menggunakan internet dengan website milik bank bersangkutan dengan dilengkapi sistem keamanan, ada banyak bank-bank yang dari waktu-waktu menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan perbankan No.9/15/PBI/2007 tahun 2007 yang menerapkan manajemen resiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank umum.

e-banking

E-Banking – Ist

Penyelenggaraan perbankan elektronik ini merupakan penerapan apliksi teknologi informasi yang semakin hari semakin berkembang dan dimanfaatkan oleh nasabah perbankan yang menginginkan pelayanan yang murah, cepat, dan ada 24 jam/7 hari per minggu nonstop dan tidak mempunyai kendala (kecuali ada kendala teknis), dan dengan mudah diakses dimana saja baik melalui HP, Blacberry, komputer online, notebook, netbook, laptop. PDA dan lain sebagainya.

Dengan dikembangkannya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking sehingga akan meningkatkan efisiensi, efektifitas serta produktivitas sekaligus berdampak terhadap peningkatakan asset melalui sistem penjualan akan lebih efektif daripada yang dilakukan oleh bank konvensional, namun tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh para industri perbankan. Secara universal bahwa penyediaan layanan internet perbankan, maka bank akan memberikan semua informasi tentang produk dan jasanya. Via portal yang disuguhkan oleh internet akan memberikan akses untuk para nasabahnya.

Di negara kita, internet banking telah diperkenalan kepada konsumen sejak lama, beberapa bank besar milik Badan Usaha Milik Negara atau bank swasta telah menyediakan layanan, seperti bank-bank swasta di tanah air. Internet banking telah memberikan keuntungan yang luar biasa kepada pihak bank, antara lain:

  • Customer Loyalitiy
  • Business expansion
  • Revenue and cost improvement
  • New business model
  • Competitive advantage

Walaupun diberikan kemudahan-kemudahan oleh perbankan mengenai E-Banking, maka perlu diwaspadai dengan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, berikut tips agar kejahatan perbankan tidak terjadi, antara lain:

  • Dilarang atau jangan semena-mena memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking anda kepada orang lain (hanya suami atau istri, dan anak yang sudah dewasa)
  • Setiap kita melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa menit sampai anda menerima respon balik dari transaksi tersebut.
  • Selalu waspada bila anda berada di ATM, paling oke bila ATM tersebut berada di lingkungan bank dan dijaga oleh Satpam (yang cakep)

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Kartu Debit?

Comment di sini