Fakta Unik Ronaldinho, 23 Gol di Satu Pertandingan

by
March 13th, 2015 at 10:03 am

CiriCara.com – Siapa yang tak kenal Ronaldinho, pemain asal Negeri Samba, Brasil. Bagi para penggemar sepakbola, apalagi pendukung kelas berat Brasil, pasti hapal siapa itu pemain bernama Ronaldinho. Pemain bernama lengkap Ronaldo Assis de Moreira ini, dijuluki King Of Driblle. Ya memang kemampuan mendrible atau menggiring bolanya sangat yahud. Ronaldinho adalah tipikal ‘sempurna’ pemain dengan gaya khas permainan Brasil.

ronaldinho

Ronaldinho – Ist

Ronaldinho sendiri lahir pada 21 Maret 1980 di Porto Alegre, sebuah kota di Brasil. Di masa jayanya, posisi favorit Ronaldinho adalah sebagai gelandang penyerang. Si raja giring bola ini memulai karirnya sebagai pesepakbola profesional di mulai di Gremio, salah satu klub yang berlaga di liga profesional negeri Samba. Karena permainannya yang cantik, salah satu klub Eropa yakni Paris Saint Germain (PSG) kepincut untuk merekrutnya. Klub PSG, adalah salah satu klub terkemuka di liga sepakbola Perancis.

Di PSG, Ronaldinho jadi pujaan. Permainan mengolah bolahnya mampu menyihir fans PSG. Ia pun jadi bintang di klub tersebut. Hingga kemudian, salah satu klub terbesar di La Liga, Spanyol, Barcelona tergoda untuk mengontraknya. Jadilah Ronaldinho kemudian hijrah ke Barcelona, klub yang bermarkas di kota Barcelona, musuh bebuyutan Real Madrid, salah satu klub besar lainnya di liga Spanyol.

Setelah lama merumput di Barcelona, mulai dari tahun 2003 hingga 2008, Ronaldino kemudian pindah ke AC Milan, salah satu klub langganan juara di liga seri A Italia. Seiring umur yang terus menua, dan mulai banyaknya pemain muda, karir Ronaldinho pun mulai meredup. Pada 2011, Ronaldinho menerima pinangan Flamengo, salah satu klub di liga Brasil. Sang raja giring bola pun pulang kampung ke negara kelahirannya.

Sebagai gelandang penyerang, kemampuan Ronaldinho dalam menceploskan bola ke gawang lawan tak diragukan lagi. Ia bisa dikatakan, pemain yang produktif. Di Gremio, antara rentang 1998-2001, Ronaldinho tampil 35 kali bermain, dengan 14 gol yang dibuatnya. Sementara di PSG, Ronaldinho, 55 kali tampil bermain, dengan 14 gol.

Nah di Barcelona, Ronaldinho tampil 207 kali bermain dan sukses mengemas 94 gol. Karena kepiawaiannya mengolah si kulit bundar di lapangan hijau, Ronaldinho pernah diganjar gelar pemain terbaik dunia versi Fédération Internationale de Football Association. Bahkan Ronaldino mendapat gelar prestisius itu dua kali, yakni pada tahun 2004 dan 2005.

Dan ini fakta yang menurut saya sangat menarik tentang Ronaldinho. Fakta menarik tentang Ronaldinho, si raja drible itu saya dapatkan dari kicuan yang di tweetkan pemilik akun @TwitFAKTA. Menurut kicuan @TwitFAKTA, di usia 13, Ronaldinho pernah mencetak 23 gol saat timnya mencukur tim lokal dengan skor 23-0 di Brasil. Bayangkan, 23 gol dilesakan atau diborong sendiri oleh Ronaldinho. Mungkin ini, rekor yang pantas masuk rekor dunia. Sayang akun @twitFAKTA tak menjelaskan klub mana yang dibela Ronaldinho saat memborong 23 gol tersebut.

Penulis: Agus Supriyatna/@rakeyanpalasara

Comment di sini