Mau Kredit Rumah? Kenalan Dulu dengan Jenis-Jenis KPR

by
March 13th, 2015 at 11:24 am

CiriCara.com – Buat kamu yang sudah punya penghasilan sendiri pasti punya dong keinginan untuk beli rumah dari hasil kerja keras kamu selama ini. Sia-sia rasanya sudah kerja sekian lama kalau penghasilan hanya terpakai untuk gaya hidup semata. Masalahnya beli rumah bukan sesepele beli kopi sachet di warung. Kamu udah nabung bertahun-tahun tapi harga rumah makin hari makin meningkat. Kalo udah kaya gini, jadi mengkhayal pengen seperti orang-orang yang teriak kegirangan di iklan kopi karena mereka berhasil menang undian rumah.

kredit rumah atau kpr

Kredit rumah – Ist

Tenang masih banyak jalan menuju Roma. Masih ada cara yang cukup mudah supaya keinginan kamu akan rumah impian bisa terwujud. Coba deh kamu ikut program KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Ini setidaknya lebih membuat kamu terlihat ‘waras’ dari pada harus beli berbungkus-bungkus kopi dan ngecek satu-satu kemasannya, ada hologram menang undian rumah atau enggak. Nah, sebelum kamu ikutan program KPR pelajari dulu jenis-jenisnya.

Berikut jenis-jenis KPR yang penulis kutip dari harian SINDO (4 Maret 2015).

KPR Konvensional

KPR ini yang paling banyak orang tahu. Hampir seluruh bank menyediakan KPR nonsubsidi ini. Syarat dan bunga tiap bank berbeda-beda. Suku bunga yang dikenakan akan berdasarkan BI rate. Jika menunggak atau terlambat, bank akan mengenakan denda yang besar. Untuk tenor cicilan, mulai 5 hingga 25 tahun.

KPR Bersubsidi

KPR jenis ini merupakan fasilitas dari pemerintah yang disalurkan lewat bank. KPR ini memiliki harga, uang muka, dan bunga yang lebih rendah daripada KPR konvensional. Namun, KPR ini untuk masyarakat dengan penghasilan rendah dan belum punya rumah. Tipe rumah yang dibiayai pun maksimal tipe 36. Lokasi rumah biasanya terpencil dengan akses yang cukup sulit.

KPR Syariah

KPR ini kini banyak diminati berkat prinsip jual beli (murabahah). Artinya, bank akan membayarkan lunas rumah yang kamu inginkan dan kamu tinggal mencicilnya hingga 15 tahun. Jumlah cicilannya pun tetap karena KPR syariah tidak mengenal bunga. Meski begitu, harga rumah yang harus kamu bayar sudah ditambah keuntungan untuk bank. Tentu ini tepat unutk anda yang takut naik turunnya bunga.

KPR Pembelian

Sistem KPR jenis ini adalah bank akan meminjamkan uang untuk membeli rumah. Kemudian, rumah tersebut atau property anda yanglain bisa dijadikan agunan.

KPR Refinancing

Meski sebenarnya bukan jenis pembiayaan untuk membeli rumah dan lebih termasuk dalam pinjaman pribadi. Sebagai jaminannya, kamu bisa menggunakan surat tanah untuk menjadi jaminannya.

Semoga rumah impian kamu dapat segera terwujud ya.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini