Serba Serbi Batu Akik Sisik Naga

by
March 13th, 2015 at 2:52 pm

CiriCara.com – Minat terhadap batu akik sepertinya bukan demam lagi tetapi bisa dikatakan wabah. Pertambangan batu mulia ini semakin menggeliatkan perekonomian masyarakat. Penggemarnya pun semakin meluas tidak hanya di dalam tetapi juga di luar negeri.

sisik naga

Batu Sisik Naga Engrekang – Ist

Para penambang kemudian mencari berbagai sumber baru untuk menemukan variasi jenis Si Batu. Banyak yang berhasil memperoleh motif-motif menarik dengan banderol harga menggiurkan. Salah satu contohnya ialah Batu Sisik Naga yang baru-baru ini saja ditemukan.

Rahasia Enrekang

Tersebutlah Imran, seorang warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Ia adalah pengrajin batu akik yang berkelana ke Kabupaten Enrekang. Di sanalah, lelaki itu menemukan sumber batu akik jenis Sisik Naga pada Februari 2014 lalu. Tak sia-sia penjelajahannya hingga ke sungai-sungai.

Rupanya, motif batu yang ia temukan memang luar biasa namun belum memiliki nama. Pria itu kemudian menggelarinya sebagai Sisik Naga. Imran membawa perhiasan alam olahannya ke Pameran Batu Akik di Kabupaten Pinrang.

Imran sendiri masih merahasiakan titik tepat lokasi batu Sisik Naga. Ini untuk menjaga agar tidak banyak orang yang kemudian berbondong-bondong datang ke sana. Menurut Imran, hal tersebut akan menganggu warga Enrekang.

Corak Emas

Awal tahun ini, seorang pengusaha batu akik menemukan Sisik Naga bercorak emas. Karena warnanya, warga menduga ada kandungan logam mulia tersebut di dalam batu itu. Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah.

Struktur Sisik Naga corak Emas lebih keras dari batu lainnya. Saat pembuatannya, kekuatan batu ini menyerupai besi. Harganya bervariasi dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta sesuai dengan ukuran.

Untuk Jokowi

Asril Bagenda, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Enrekang, bertekad untuk memberikan batu akik Sisik Naga kepada Presiden Jokowi. Batu mulia itu akan ia hadiahkan dalam bentuk liontin jika Jokowi blusukan ke Kabupaten Enrekang. Asril berniat memberikannya secara pribadi jika Orang Nomor Satu tersebut tertarik melihat kesuburan Enrekang dalam menghasilkan padi, sayur, dan buah.

Lambang Keberanian

Ada filosofi tersendiri dalam nama Sisik Naga. Menurut Andi, seorang penjual batu mulia, Sisik Naga merupakan lambang keberanian bagi orang Enrekang. Ia pun juga ingin menghadiahkan batu tersebut kepada Presiden Jokowi. Pemberian itu sekaligus mengandung pesan agar mantan Gubernur DKI tersebut menjadi pemimpin yang berani dan jujur.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini