4 Minuman Khas Indonesia Baik untuk Kesehatan

by
March 16th, 2015 at 11:23 am

CiriCara.com – Satu dari banyak alasan yang bisa kita banggakan sebagai bangsa Indonesia, ialah tanahnya yang subur. Beragam hasil kekayaan alam bisa kita nikmati bahkan memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Misalnya rempah-rempah. Masih ingatkah kamu sejarah kenapa bangsa Indonesia dijajah oleh Belanda? Mereka berniat ingin menguasai hasil kekayaan rempah-rempah yang ada di tanah air. Karena rempah-rempah terbukti bermanfaat untuk menambah cita rasa pada makanan dan juga sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh bila dicampur pada minuman. Kini bahkan rempah-rempah bukan hanya dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga tetapi juga dalam industri farmasi, kosmetik, dan parfum.

sekoteng

Sekoteng – ist

Bagi kamu yang punya aktivitas cukup padat, apalagi profesi kamu erat kaitannya dengan urusan suara. Nah, kamu perlu jaga kesehatan dengan beragam minuman hasil racikan rempah di bawah ini.

1. Sekoteng

Minuman ini berasal dari Jawa Tengah. Minuman hangat yang satu ini memiliki kuah khas dari campuran air jahe dan kayu manis. Biasanya diisi dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, potongan kecil kolang-kaling, potongan roti dan siraman susu kental manis sebagai penyempurna sensasi rasa. Minuman ini bermanfaat menghangatkan tubuh, meredakan hidung tersumbat, menjaga sistem imun, dan baik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

2. Wedang Uwuh

Ini merupakan minum khas Yogyakarta. “Uwuh” berarti sampah dedaunan. Tapi kamu jangan khawatir. Meski diistilahkan demikian, sebenarnya dedaunan tersebun mengandung khasiat yang baik bagi kesehatan. Minuman ini terbuat dari campuran air jahe, cengkeh (termasuk bunga, batang dan daunnya), kayu manis dan daunnya, pala dan daun pala, akar dan daun serai, kayu secang. Untuk menambah rasa biasanya juga ditambahkan gula merah. Wedang uwuh bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

3. Wedang Secang

Wedang uwuh disajikan dengan proses kulit kayu secang yang dijemur, kemudian dimasukkan ke dalam air yang dijerang, lalu disajikan dalam kondisi yang masih panas. Kulit kayu secang bermanfaat untuk pengobatan, perwarnaan, dan sebagai obat luka. Minuman ini berguna menjadi anti bakteri yang dapat meredakan batuk dan gangguan pencernaan.

4. Wedang Ronde

Campuran minuman hasil racikan air rebusan jahe, gula, pandan dan serai. Lalu ditambahkan dengan butir bola. Inilah yang manjadi ciri khas minuman asli Solo. Butir bola tersebut biasanya terbuat dari adonan tepung keta atau ubi. Setelah ditambahkan butir bola, biasanya dibubuhkan juga kacang tanah yang disangrai untuk membuat minuman ini terasa gurih.

Penulis: *RONA SIAHAAN*

Artikel terkait: Cara Membuat Wedang Ronde

Comment di sini