4 Minuman Rempah Berkhasiat Menjaga Stamina

by
March 16th, 2015 at 2:40 pm

CiriCara.com – Hal yang paling asik saat mengisi waktu luang ialah nyemil. Siapa yang bisa menyangkal? Tapi sayangnya banyak yang lebih memilih ngemil makanan yang enggak sehat. Misal, gorengan atau segala snack yang rasanya gurih dan mengandung mecin.

teh talua

Teh Talua – Ist

Saat kita kurang perhatian sama kondisi tubuh bisa-bisa apa yang kita makan malah jadi sumber penyakit. Bagian tubuh yang langsung diserang ketika kita terlalu banyak nyemil gorengan udah pasti adalah tenggorokan. Saat tenggorokan mengalami radang, maka menjalar jadi demam, meriang, pilek dan batuk. Walau bisa dibilang penyakit ringan. Tetap aja enggak enak rasanya saat kita mengalami.

Kalau udah sakit begitu, sebaiknya kamu jangan buru-buru minum obat. Minuman rempah bisa juga loh untuk menyembuhkan penyakit sejenis itu bahkan bisa membangun sistem imun di dalam tubuh kamu. Sehingga stamina kamu tetap terjaga. Nih simak beberapa minuman rempah yang wajib kamu coba.

Teh Talua

Kuning telur dikocok dengan gula kemudian dicampur dengan teh panas, ini merupakan minuman yang dulunya disajikan bagi para bangsawan Sumatera Barat. Bagi kamu yang enggak terlalu suka telur, jangan khawatir sebab bau amis telur disamarkan oleh bubuk vanili dan sedikit perasan jeruk nipis. Teh talua yang menyegarkan ini berguna menambah stamina.

Bir Pletok

Meski namanya bir, sama sekali tidak ada kandungan alkohol dalam minuman ini. Bahan dasar minuman ini berasal dari campuran jahe, daun pandan, serai, kayu manis, merica hitam, kapulaga. Dan yang menjadi warna merah khas minuman ini berasal dari kayu secang. Minum asli dari masyarakat Betawi ini sangat baik untuk membersihkan darah, karena bersifat antiseptik sehingga dapat juga menghilangkan bakteri yang mengakibatkan gangguan kesehatan.

Bandrek

Bandrek sangat cocok diminum saat cuaca dingin. Karena bandrek dibuat dari beragam rempah-rempah yang bermanfaat untuk membuat tubuh merasa hangat. Minuman khas Sunda ini diracik dari beragam rempah, yaitu jahe, gula merah, cengkeh, sereh, santan, biji ketumbar, potongan kelapa muda dan susu kental manis. Selain untuk menghangatkan tubuh dan bandrek juga dapat memperlancar peredaran darah.

Sarabba

Saraba terbuat hasil dari racikan jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Minuman khas Makasar ini sangat nikmat diminum disaat cuca dingin. Karena dapat menyembuhkan masuk angin dan meredakan flu.

Belum nyoba satu pun? Hayo langsung buat sendiri aja kalo gitu, bahan-bahannya mudah ko ditemui di pasar. Selamat mencoba!

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini