Apa Itu ATM?

by
March 16th, 2015 at 9:51 am

CiriCara.com – Jika kamu seorang nasabah bank, pasti kamu sudah tak asing dengan kartu ATM. Tetapi, bagi kamu yang belum pernah menyimpan uang di bank, mungkin tidak. Sebenarnya apa sih, ATM dan kartu ATM itu?

ATM

Mesin ATM – Ist

ATM dalam bahasa Inggris dikenal dengan Automatic Teller Machine. Sedangkan, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. Maknanya berbeda sekali, ya?

ATM merupakan mesin elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat dipergunakan untuk bertransaksi secara elektronis. Misalnya, mengecek saldo, mentransfer uang, serta mengambil uang tunai dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Teller adalah pelayan nasabah di kantor kas bank.

Bagaimana seorang nasabah bisa bertransaksi secara mandiri di ATM? Untuk dapat bertransaksi, seorang nasabah diberikan kartu ATM oleh bank yang bersangkutan. Setiap pemegang kartu ATM, diberikan PIN (Personal Identification Number) atau nomor password pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.

Banyak keuntungan apabila kita memiliki kartu ATM. Sebagai nasabah, kita akan selalu dimudahkan untuk bertransaksi. Karena dengan menggunakan kartu ATM, kita tak perlu datang ke bank. Selain itu, kita akan merasa leluasa karena dapat bertransaksi ketika hari libur. Dan jelas aman, tak perlu repot membawa uang tunai dari rumah apabila kita akan berbelanja karena beberapa toko swalayan telah dilengkapi mesin ATM di dalamnya.

Lalu, apa bedanya kartu ATM dengan kartu Debit? Kartu Debit adalah kartu ATM itu sendiri. Yang membedakan adalah cara penggunannya. Apabila digunakan untuk bertransksi di mesin ATM, maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu ATM. Tetapi jika digunakan untuk transaksi pembayaran dan pembelanjaan non-tunai, maka kartu tadi disebut Kartu Debit. Untuk mendebit, yang digunakan adalah mesin EDC (Electronic Data Capture).

Pada umumnya bank akan mengenakan biaya untuk penggunaan kartu, antara lain biaya administrasi bulanan dan biaya transaksi, khususnya transaksi yang menggunakan jaringan lain. Tetapi, ada pula bank yang tidak dikenai potongan atau biaya administrasi bulanan.

Biaya transaksi dengan ATM via jaringan yang dikenakan oleh bank penerbit kartu akan berbeda untuk transaksi yang dilakukan di jaringan lokal dan jaringan internasional. Jaringan lokal diantaranya; Link, ALTO, ATM Bersama, PRIMA. Untuk jaringan internasional diantaranya; CIRRUS, MAESTRO, Mastercard Electronic, VISA Plus, VISA Electron.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini