Apa itu E-Tiket?

by
March 16th, 2015 at 10:51 am

CiriCara.com – E-Tiket atau Tiket elektronik merupakan tiket yang berbentuk digital, E-tiket tersebut mempunyai fungsi untuk penerbangan, pertunjukan bioskop, hotel. Saat ini E-tiket akan menggantikan fungsi etiket yang biasa, yang pada umumnya terdiri dari beberapa kertas dan umumnya maskapai penerbangan menerapkan biaya tambahan untuk melakukan pengeluaran jenis tiket ini. IATA organisasi per tanggal 1 Juni 2009, telah memberikan mandate kepada semua anggotanya untuk menggunakan E-tiket dalam semua bentuk pembayaran.

e-tiket

Contoh E-Tiket pesawat yang sudah dicetak – dok.Nuzululku

Setelah melakukan reservasi (pemesanan), penumpang dapat dengan mudah mencetak E-tiket atau hanya menunjukkan kode batang (barcode) yang tercantum pada E-tiket disaat berada di bandara, hal ini merupakan kemudahan dan keamanan untuk para konsumen, mengingat bahwa E-tiket ini adalah data elektronik yang tersimpan pada sistem komputer masing-masing maskapai, apabila penumpang kehilangan E-tiket maka tidak bingung dan bersusah untuk mencariknya, karena cukup dengan menyebutkan kode pemesanan saja.

Sebuah E-tiket sudah tertera informasi yang super lengkap dari penerbangan sendiri, seperti:

  • Tercantum nomor E-tiket
  • Syarat dan penggunaan E-tiket
  • Harga serta pajak pengenaan tiket
  • Aturan mengenai pembatalan keberangkatan serta pengembalian uang
  • Cara-cara pembayaran
  • Tempat pembelian E-tiket
  • Ketentuan bagasi dari penumpang.

Di Indonesia sendiri pemberlakukan E-tiket sudah dilaksanakan untuk semua maskapai penerbangan, bahkan semakin banyaknya maskapai menawarkan penerbangan dengan mempromosikan tiket harga murah untuk rute domistik maupun luar negeri dengan fasilitas situs-situs mereka.

Bagi penumpang yang melakukan pelaporan dengan E-tiket, maka penumpang cukup menunjukan lembar E-tiket yang telah dicetak ke gerai check-in maskapai yang berkompeten, dengan kelengkapan seperti identitas diri, surat ijin mengemudi (SIM), kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas lainnya seperti paspor yang masih berlaku. Kemudian calon penumpang memperlihatkan kepada petugas tentang identitas atau kode pemesanannya, kemudian diproses. Namun kadangkali ada sebagian bandara yang mengharuskan calon penumpang untuk menunjukkan tiket terlebih dahulu sebelum memasuki lobi bandara.

Adapun yang menggunakan Chek-in mandiri biasanya dilakukan melalui website yang dipunyai maskapai yang bersangkutan hanya dengan memasukan kode pemesanan E-tiket, juga bisa dilakukan di gerai pada bandara yang bersangkutan dengan pemindai atas kode palang yang tertera di E-tiket.

Penulis: MasArif

Comment di sini