Tampilan Baru Museum di Jakarta

by
March 16th, 2015 at 9:25 am

CiriCara.com – Biasanya enggak banyak orang berminat menikmati liburannya untuk berkunjung ke museum. Hampir umumnya orang beranggapan museum kurang memberi hiburan karena tempatnya yang berdebu, kurang perawatan, dan desain yang terlalu konvensional. Hal tersebut tidak dapat dikatakan sepenuhnya salah. Namun juga tidak seutuhnya benar.

museum muri

Wisata ke Museum MURI, Jakarta – Ist/OureverdayThings

Memang banyak kondisi museum di Indonesia yang sepertinya kurang perawatan. Tapi nyatanya ada juga museum yang dibangun oleh pihak swasta yang menyajikan disain yang lebih modern. Ingin membuktikan museum mana yang tampilannya lebih menarik? Kalau begitu kamu perlu kunjungi daftar rekomendasi museum modern di bawah ini.

Museum Muri

Mungkin kamu udah enggak asing mendengar kata “MURI”. Lembaga yang mencatat dan mendokumentasikan suatu hasil karya atau kegiatan yang mencapai rekor. Museum yang pertama kali ada di Semarang ini kini hadir di Jakarta. Museum Muri di Jakarta berhasil menggerus streotipe umum yang menganggap museum adalah sesuatu yang konvensional. Lokasinya ada di Lower Ground, Mall of Indonesia, kawasan Kelapa Gading.

Kamu dapat mengunjungi tempat ini hanya dengan tiket masuk Rp 10.000 (untuk dewasa) dan Rp. 5.000 (khusus pelajar), setelah itu kamu boleh menikmati ratusan koleksi foto serta dokumentasi yang merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia yang dianggap mampu menembus level dunia.  Di waktu tertentu kamu juga dapat menikmati sajian film pendek yang merupakan cuplikan dari proses pemecahan rekor MURI yang dilakukan oleh orang Indonesia. Selain itu kamu juga bisa membeli beberapa souvenir menarik yang di jual oleh pihak museum.

Museum di tengah kebun

Kesan pertama ketika kamu mengunjungi tempat ini mungkin akan heran. Karena museum ini tak tampak seperti sebuah museum melainkan sama seperti rumah tinggal pada umumnya. Namun pada tahun 2009 pemiliknya, yaitu Sjahrial Djalil memutuskan untuk menjadikannya museum. Ini merupakan museum yang terpilih sebagai museum swasta terbaik dalam ajang Museum Awards 2013, lokasinya ada di Jalan Kemang Timur Raya No. 66, Jakarta Selatan.

Banyak benda bersejarah yang dapat kamu lihat di dalamnya. Sejumlah 2.481 koleksi dari 63 negara, ada beberapa ukiran, lemari, peti berumur tua, dan benda bersejarah dari dinasti Tiongkok. Apabila kamu ingin mengunjungi museum ini, sebelumnya kamu harus membuat perjanjian. Karena tidak setiap hari museum ini terbuka untuk dikunjungi.

Penulis: *RONA SIAHAAN*

Comment di sini