Tips Wirausaha dengan Pop Up Store

by
March 16th, 2015 at 9:11 am

CiriCara.com – Perkembangan teknologi mempermudah berbagai bisnis. Namun, seiring dengan kemudahan tersebut, tercipta banyak pengusaha-pengusaha yang menuntut setiap individu untuk bersaing. Karenanya, meski jalur komunikasi kepada konsumen jadi lebih lancar, pebisnis tetap dituntut kreatif dalam memasarkan produknya. Salah satu cara unik ialah mengadakan toko kejut atau pop up store.

jualan pakai mobil

Pop up store – Ist

Konsep

Pop up store bukanlah toko-toko mobile layaknya food truck yang memiliki jadwal tetap pada setiap tempat. Konsep kejut benar-benar dilakukan dalam strategi marketing ini, yaitu menyambangi suatu lokasi tanpa jadwal rutin. Toko semacam ini bisa muncul pada waktu dan tempat yang tidak terduga sebelumnya. Namun, pop up store tetap bisa menjadi mobile store yang memiliki waktu dan tempat tetap.

Sejarah

Rupanya, strategi tersebut bukanlah hal baru. Rei Kawakubo bisa dibilang merupakan pelopor dari konsep ini. Kira-kira sepuluh tahun yang lalu, desainer pemilik label Comme des Garcons itu mengadakan guerilla store yang berarti toko gerilya. Pop up store semacam ini muncul di beberapa kota Eropa. Berbagai desainer dari Amerika Utara dan Singapura kemudian meniru langkah serupa.

Efektif

Pop up store terbukti lebih ampuh daripada iklan untuk mempromosikan sebuah brand. Buktinya, teknik ini digunakan oleh berbagai brand besar seperti H&M, Singapore Takeout, Kate Spade, Louis Vuitton, dan Mini Cooper. Asal tahu saja, brand kelas dunia tersebut juga menampilkan pop up store yang artistik.

Tepat untuk Pengusaha Online

Bisnis online biasanya jadi solusi bagi mereka yang belum bisa membangun tokonya sendiri atau menyewa tempat. Konsep pop up store dapat mereka gunakan untuk mendekatkan diri dengan pelanggan. Hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh beberapa pengusaha online di Jakarta. Dengan begitu, mereka bisa menggaet pelanggan potensial.

Akomodasi

Sewa tempat dan prosedur yang rumit di mall tidak lagi menjadi masalah. Beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta menyediakan tempat bagi mereka yang ingin membuka pop up store. Toko kejut dapat memanfaatkan lorong atau koridor.

Biaya Rendah

Tidak perlu membangun toko, menyewa, atau melewati prosedur yang panjang membuat strategi ini tergolong murah. Kebutuhan bulanan yang tidak terikat biaya sewa memungkinkan resiko yang rendah dalam teknik penjualan ini. Penjualan jadi lebih mudah sehingga target cepat tercapai.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini