Apa Itu Ideologi?

by
March 17th, 2015 at 2:14 pm

CiriCara.com – Dalam pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan, kita sering mendengarkan istilah ideologi. Ideologi adalah sebuah gagasan atau ide untuk mencapai sebuah tujuan yang jelas yang dicita-citakan. Istilah ‘ideologi’ berasal dari kata ‘idea’ yang berarti sebuah pandangan (melihat dengan budi) dan kata ‘logos’ yang berarti gagasan, pengertian, kata, dan ilmu. Jadi, ideologi berarti kumpulan ide atau gagasan, pemahaman-pemahaman, pendapat-pendapat, atau pengalaman-pengalaman.

ideology

Ideologi – Ist

Istilah ideologi pertama kali dicetuskan oleh seorang filsuf Prancis, Antoine Destutt Tracy (1757-1836). Menurutnya, ideologi merupakan cabang filsafat yang disebut science de ideas (sains tentang ide). Pada tahun 1796, ia mendefinisikan ideologi sebagai ilmu tentang pikiran manusia yang mampu menunjukkan jalan yang benar menuju masa depan. Dengan begitu, pada awal kemunculannya, ideologi berarti ilmu tentang terjadinya cita-cita, gagasan, dan buah pikiran.

Seiring perkembangan jaman, pengertian ideologi banyak dikemukakan oleh para ahli dengan pengertian yang berbeda-beda. Menurut Karl Marx, ideologi berarti alat atau media yang digunakan untuk mencapai sebuah kesejahteraan dan kesetaraan bersama di dalam kehidupan bermasyarakat. Ia berpendapat bahwa ideologi adalah media berupa gagasan atau ide dari seseorang ataupun sebagian orang untuk mencapai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Seorang filsuf Prancis lain sekaligus sejarawan, Hyppolyte Taine berpendapat bahwa ideologi ibarat mengajarkan sebuah filsafat pada masyarakat dengan memakai metode Socrates melalui kosakata yang sudah diketahui oleh rakyat, serta tidak perlu memberikan sebuah sampel yang memerlukan sebuah eksperimen ketika ingin membuktikannya.

Seorang ilmuwan politik Indonesia yang terkemuka, Dr. Alfian juga menuliskan pendapatnya mengenai pengertian ideologi dalam sebuah buku berjudul Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia pada tahun 1980. Dr.Alfian mengemukakan arti kata ideologi sebagai sebuah pandangan yang menyeluruh baik secara moral yang dianggap benar maupun secara adil, serta mengendalikan tingkah laku di berbagai bidang kehidupan secara bersama.

Seorang ilmuwan Indonesia lainnya, Prof. Dr. M. Sastraprateja mengemukakan pendapatnya mengenai sebuah ideologi. Menurut beliau, ideologi ialah sekelompok dari gagasan ataupun pemikiran secara sistematis yang memiliki orientasi untuk sebuah tujuan yang telah terorganisir dengan tepat dan baik.

Itulah beberapa pengertian ideologi berdasarkan para ahli yang terkemuka baik di Indonesia maupun mancanegara. Bagaimana pendapatmu?

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Apa itu Malware?

Comment di sini