Cara Menghemat Waktu Kamu

by
March 17th, 2015 at 3:43 pm

CiriCara.com – Apakah kamu sering merasa bahwa waktu satu hari masih kurang untuk menyelesaikan suatu urusan atau pekerjaan? Ini tanda kalau kamu tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Ingat, waktu terus berjalan dan tidak bisa kamu putar balik.

hemat waktu

Hemat Waktu – Ist

Membuang-buang waktu hanya akan membuat kamu rugi sendiri. Banyak waktu yang seharusnya bisa bermanfaat dengan melakukan suatu hal positif, malah berlalu begitu saja tanpa ada apa-apa. Ini jelas akan merugikan kamu sendiri.

Waktu memang tidak bisa kita hentikan, tapi kita masih bisa menghematnya dengan cara berikut ini:

1. Bangun tepat waktu

Dengan bangun tepat waktu, maka kamu akan memiliki waktu lebih untuk melakukan hal lain. Misalnya belajar, menyiapkan keperluan kuliah supaya tidak ada yang tertinggal. Dengan demikian kamu tidak perlu terburu-buru karena takut telat. Usahakan juga untuk tidak tidur terlalu larut jika tidak ada hal yang penting.

2. Kerjakan satu per satu

Jangan sekali-kali kamu mencoba mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini hanya akan membuat kamu bingung dan susah untuk berkonsentrasi. Bukannya jadi cepat selesai tapi malah jadi lama. Pusatkan perhatian kamu pada satu hal saja, setelah selesai baru pindah ke pekerjaan atau tugas yang lain.

3. Selesaikan PR sebelum melakukan hal lain

Mungkin kamu lebih suka mengerjakan PR di malam hari. Padahal hal ini hanya akan membuat proses belajar kamu jadi lebih lama. Kerjakan PR lebih baik setelah pulang sekolah saat otak masih merekam dengan baik semua pelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian, PR akan cepat selesai dan kamu tidak perlu begadang gara-gara mengerjakan PR.

4. Simpan di tempatnya

Kamu suka kebingungan mencari suatu barang padahal baru saja kamu menyimpannya? Ini tentu akan membuang banyak waktu. Yang harusnya kamu sudah ada di jalan, ini malah masih di rumah karena mencari-cari kunci mobil yang lupa ditaruh di mana. So, penting bagi kamu untuk belajar menaruh atau menyimpan segala sesuatu pada tempatnya.

5. Stop browsing tidak jelas

Keasikan main internet atau browsing sering membuat kita lupa waktu. Akibatnya, banyak hal yang seharusnya bisa kita kerjakan lebih awal malah jadi terbengkalai. Untuk itu, stop kebiasaan browsing tidak jelas di internet karena itu hanya akan membuang waktu kamu.

Agar waktu yang ada tidak sia-sia, kita harus belajar cara menghematnya. Dengan demikian kita bisa menghabiskan waktu yang ada dengan hal yang lebih bermanfaat.

(YG)

Comment di sini