Ciri-Ciri Orang Indonesia Pas Kondangan

by
March 17th, 2015 at 11:56 am

CiriCara.com – Saat menggelar acara resepsi pernikahan, biasanya rumah pasangan pengantin akan diserbu oleh para tamu undangan. Bahkan yang tidak diundang pun terkadang ikut menyelinap masuk untuk melihat acara resepsi pernikahan tersebut.

pernikahan masal

Pernikahan lima pasangan di Menten – Ist

Sebelum pergi ke resepsi pernikahan, biasanya ibu-ibu yang dapat undangan mendadak pada heboh berlarian ke rumah tetangga hanya untuk bertanya “kamu mau kondangan nggak? Kalau mau kondangan, bareng ya.” Kamu pasti pernah nemuin hal kayak gini.

Hal-hal semacam itu seperti sudah menjadi ciri khas orang Indonesia kalau mau kondangan. Tidak hanya heboh nanyain tetangga satu per satu, ada juga ciri-ciri lain orang Indonesia kalau lagi kondangan. Mau tahu?

1. Amplop kosong

Di acara resepsi pernikahan biasanya disediakan sebuah kotak untuk menampung amplop dari para tamu undangan. Tapi bukannya amplop berisi uang saja yang bisa masuk ke kotak, amplop kosong pun sering ikut masuk. Ini biasanya ulah orang yang nggak punya modal. Dan biasanya lagi, amplop yang ada namanya itu pasti isinya banyak.

2. Rombongan

Datang ke acara dengan rombongan itu hal yang biasa. Tapi kalau sampai membawa nenek, kakek, kakak, adik, anak, dan suami, ini baru orang Indonesia. Kapan lagi coba bisa makan gratis sekeluarga kalau bukan pas kondangan? Prinsipnya! Lumayan biar hemat beras. Padahal ngasih amplopnya cuma satu, tapi makannya paket keluarga.

3. Dibungkus

Udah ngasih amplop masa nggak dapet makan? Ini yang mendorong orang akhirnya minta dibungkusin makanan. Udah makan gratis di tempat resepsi, masih sempet-sempetnya minta dibungkus kayak lagi beli di rumah makan Padang.

4. Numpang foto

Biasanya pas resepsi pernikahan itu pihak tuan rumah nyediain layanan foto gratis buat tamu undangan, tapi khusus yang ngasih amplop. Di sini terkadang banyak tamu undangan yang ngelunjak dan minta difotoin dengan berbagai gaya dan parahnya lagi minta dicetak semua. Padahal amplopnya cuma isi goceng.

5. Ikut dateng

Nggak diundang tapi tetep maksa buat dateng. Bilangnya kenal sama pengantinnya. “Aku ini kan temen kamu waktu TK. Makanya kamu agak lupa.” Tujuannya tentu agar bisa makan gratis sepuasnya di acara resepsi tersebut.

Gimana? Kamu pernah nggak ngelakuin hal seperti di atas?

(YG)

Comment di sini