Ciri Khas Sumatera Selatan

by
March 17th, 2015 at 9:07 am

CiriCara.com – Pasti tau dong ya daerah Sumatera Selatan? Apa aja sih yang khas dari Provinsi Sumatera selatan? Yuk kita bahas sedikit.

jembatan ampera

Jembatan Ampera – Ist

1. Ibukota Palembang

Yah, ibukota dari Sumatera Selatan sendiri adalah kota Palembang. Pernah dengar yang namanya kota Palembang? Kota Palembang menjadi perbincangan saat sea games untuk pertama kalinya diselenggarakan di kota Palembang ini.

2. Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai panjang yang melintasi hampir seluruh daerah Sumatera Selatan. Dimana sungai musi ini menjadi salah satu kebanggaan warga Sumatera Selatan. Sungai Musi dahulu dijadikan sebagai sarana untuk menjalankan perekonomian karena berperan sebagai jalur perdagangan. Walaupun sekarang sungai musi sudah tercemar, namun kenangan itu masih melekat dengan sangat.

3. Jembatan Ampera

Jembatan yang telah dibangun pada masa penjajahan ini menjadi ikon kebanggaan warga Sumatera Selatan. Bagaimana tidak, jembatan kokoh ini telah berdiri sejak lama dan di di bawahnya ada sungai Musi. Dahulu, jembatan amper bisa terbelah menjadi dua saat kapal besar lewat. Wah hebat ya. Memang bukan buatan bangsa Indonesia karena ini merupakan bangunan peninggalakn saat zaman penjajahan terdahulu.

4. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan ini sempat menjadi salah satu kerajaan yang besar di Indonesia dimana kerjaan ini terkenal dengan kerajaan yang kuat pada bidang maritim. Karena itu juga klub sepak bola yang berasal dari provinsi sumatera selatan ini dinamakan Sriwijaya FC.

5. Pempek

Walaupun terkenal dari khas Palembang, namun hampir sebagian besar daerah Sumatera Selatan, bisa mengolah dan membuat yang namanya pempek.

6. Songket

Apa sih songket? Aneh ya namanya. Tapi ini adalah baju adat dari provinsi sumatera selatan sendiri. Coraknya dan bahannya yang khas sangat memenuhi ciri-ciri baju Sumatera Selatan.

7. Pulau Kemarau

Wah, pulau ini menjadi tempat wisata khas, dimana ada pagoda tempat umat buddha dan konghucu sering beribadah saat perayaan tertentu. Namjn saat ini, bukan hanya untuk beribadah saja, mamun sudah dijadikam sebagai objek wisata

Masih banyak lagi sebenarnya yang unik dari Sumatera Selatan. Nantika. Pembahasan seputar provinsi lainnya ya. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini