Fakta Baru Pembeli di Indonesia

by
March 17th, 2015 at 8:23 am

CiriCara.com – Era teknologi sangat memungkinkan bagi berkembangnya berbagai bisnis. Banyak pengusaha online yang kemudian membuka berbagai lapaknya di jejaring sosial. Lebih besar lagi, mereka membangun website untuk menjual produk-produknya. Laman tersebut sering kali didandani sehingga tampak menarik. Namun, tahu kah Anda, mindset pembeli Indonesia sudah lebih dari tampilan produk?

pembeli

Pembeli Indonesia – Ist

Survey

Fakta menunjukkan, konsumen online tidak mudah percaya dengan tampilan produk yang mereka lihat. Banyaknya barang online yang ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya saat sampai di tangan pembeli, menuntut seseorang harus jeli sebelum melakukan transaksi.

Rupanya, sebanyak 23% pengguna smartphone akan mencari informasi dulu terkait produk-produk yang menarik mereka. Calon pembeli tersebut akan berselancar sedikit di dunia internet atau bertanya pada pembeli yang sudah berpengalaman.

Melihat hal ini, seorang pengusaha online perlu memberikan gambaran terkait produknya. Informasi tersebut harus bisa diakses cepat dan nyaman oleh para pengguna smartphone.

Mobile

Melihat perkembangan pengguna ponsel pintar, pengusaha online sebaiknya tidak hanya fokus pada website saja. Dilansir dari wanitawirausaha.femina.co.id, estimasi eMarketer terkait kepemilikan ponsel pintar ialah 41,3 juta pengguna. Sebanyak 6 juta di antaranya berada di Indonesia. Jumlah tersebut sangat mungkin terus bertambah.

Karenanya, bisnis online juga harus bergerak dalam platform mobile yang menjangkau para calon pembeli tersebut. Dengan begitu, tampilan situs yang bagus saja masih belum cukup.

Isu Sosial

Mindset calon pembeli di Indonesia telah mengalami perubahan. Ini merupakan fakta menarik karena isu sosial turut memengaruhi minta beli calon konsumen tersebut. Kebanyakan orang mulai melirik sisi mendidik dalam sebuah produk.

Fakta menarik lainnya ialah pengaruh sentimen sosial dalam menurunkan minat beli. Calon konsumen di Indonesia akan mencari informasi isu sosial terkait brand atau produk. Jika nilai sosialnya berlawanan dengan perspektif kelompok mereka, konsumen bisa saja undur diri.

Diskon dan Komentar

Diskon tetap menjadi faktor penarik minat beli konsumen Indonesia. Namun, komentar soal produk Anda juga berpengaruh. Calon pembeli akan mencari informasi kualitas produk dengan melihat testimoni atau review dari pembeli lainnya.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini