Haji Lulung yang Disegani

by
March 17th, 2015 at 2:33 pm

CiriCara.com – Haji Lulung namanya yang sudah tenggelam beberapa bulan yang lalu, kini kembali mengemuka bahan menjadi tren di media sosial, hal ini dikarenakan karena ada ‘sedikit’ konflik dengan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Konflik tersebut karena Haji Lulung yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta saat ini, dianggap sebagai dalang dibalik sikap para pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang yang menolak direlokasi oleh Pemerintah Pronvinsi Jakarta.

haji lulung

Haji Lulung – Ist

H. Abraham “Lulung” Lunggana, SH atau Haji Lulung tersebut, dikalangan para kelompoknya dianggap sebagai tokoh yang disegani di kawasan pasar Tanah Abang yang terbesar di Asia Tenggara. Awalnya Haji Lulung bukan siapa-siapa di pasar tersebut, dulunya ia berprofesi sebagai pengumpul barang-barang yang habis pakai dan kardus bekas sisa pasar tersebut. Akan tetapi peruntungnya sedikit demi sedikit  berupa, apalagi di kawasan tersebut telah terjadi peralihan kekuasaan.

Sekitar tahun 1996 terjadi perang ‘preman’ terbuka antara kelompok Timor pimpinan HR.Marshal sebagai orang yang menguasai komplek pasar Tanah Abang, dengan orang Betawi asli, Bang Ucu namanya. Melihat kondisi yang seperti itu, maka haji Lulung merapat kepada kelompok Timor (HR. Marshal) dan memberikan dukungan sepenuhnya kepadanya. Tapi nasibnya tak seindah usahanya, sebab ternyata HR. Marshal gagal total mempertahankan kekuasannya di Tanah Abang tersebut.

Tersingkirnya penguasa pasar Tanah Abang tersebut (HR.Marshal), maka Haji Lulung menjadi khawatir, dan Haji Lulung menjadi ‘buronan’ oleh kelompok Betawi Asli, karena dianggapnya sebagai pengkhianat disebabkan lebih mendukung HR.Marshal tersebut. Tapi Haji Lulung beruntung karena diselamatkan oleh Bang Ucu, diapun berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi salah satu pelakon utama, meskipun HR.Marshal sudah tersingkir di daerah kekuasaannya.

Hingga sekitar tahun 2000an Haji Lulung mengambil alih kekuasaan Bang Ucu (entah tipsnya bagaimana), dia mulai menguasai usaha perparkiran, keamanan di Tanah Abang. Langkah selanjutnya Haji Lulungpun mendirikan perusahaan yang bergerak di dua sektor utama, yaitu bidang jasa parkir, keamanan, penagih utang. Usaha bisnisnya mulai mengular serta mempekerjakan ribuan orang, namun demikian dia tetap mengirim bingkisan kepada Bang Ucu tiap bulannya.

Dia menolak jika disebut sebagai “Preman”, karena menurutnya usahanya itu dimenangkan secara resmi. Kini Haji Lulung sudah makmur dan sedikit sejahtera, karena mempunyai usaha jasa yang beranggotakan ribuan orang tersebar di seluruh Jakarta, disamping mempunyai posisi yang bagus dan srategis, disamping itu juga dia sekarang mempunyai jabatan yang pantas disandangnya yaitu sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta di partai yang bergambar ka’bah.

Penulis: MasArif

Comment di sini