Apa itu Suku Bentong?

by
March 18th, 2015 at 2:30 pm

CiriCara.com – Suku Bentong merupakan suku pribumi asli yang mendiami di desa Bulo-Bulo, kecamatan Pujannating, kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Dinamakan suku Bentong karena suku tersebut menggunakan bahasa yang berbeda dengan dialek yang digunakan oleh masyarakat Barru sebagai kaum Bugis, dialek yang digunakan adalah perpaduan dari aneka macam bahasa daerah yang ada di Sulawesi selatan, seperti Konjo, Bugis, Mandar dan Makasar.

suku betong

Suku Betong – Ist

Suku Bentong dikategorikan sebagai suku yang sangat “Terasing”, karena suku tersebut jauh dari pemukiman penduduk, tabiatnya sebagai suku yang berpetualang dan kehidupan mereka adalah berburu apa saja yang ditemui di hutan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan jumlah  populasi penduduknya hanya 25.000 orang, suku Bentong tersebut hanya tinggal di daerah perbukitan kecamatan Tanete Riaja kabupaten Barru provinsi Sulawesi Selatan.

Asal usul suku Bentong bahwa mereka dahulunya keturunan putra Raja Bone yang menikah dengan putrid Raja Ternate, tetapi menurut orang Bugis bahwa suku Bentong merupakan keturunan orang Bugis dan Makasar, karena dilihat secara adat bahwa suku Bentong mempunyai kesamaan budaya dengan Bugis dan Makasar.

Sejak dahulu suku Bentong hidupnya berpindah-pindah tempat karena mereka hidupnya bercocok tanam yang berpindah-pindah tempat dengan pola tebang-tebas-bakar sekaligus membuka pemukiman baru. Sistem pertanian yang sangat sederhana tersebut sangat mereka rasakan dan dinikmati bersama-sama oleh mayoritas masyarakat suku Bentong. Hasil pertaniannya berupa padi, jagung, kacang dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, mereka juga menanam tanaman keras seperti kelapa, mereka kerap berburu ke hutan mencari binatang liar, adapula sebagai nelayan yang mencari ikan-ikan yang mereka sukai.

Mayoritas dari suku Bentong menganut agama Islam sebelum memeluk agama tersebut, suku ini masih menganut kepercayaan Animisme dengan pemujaan terhadap roh nenek moyang juga benda-benda seperti perisai, payung, keris dan tombak dianggap mereka mempunyai kekuatan untuk keselamatan dan bisa menghindari dari kutukan-kutukan. Sehingga pada akhirnya ada penyebaran agama Islam yang memasuki wilayah Bentong, dengan penyebaran ini maka masyarakatnya tertarik untuk memeluk agama Islam.

Demikian tentang suku Bentong serta bahasa, serta agama yang dianutnya. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Bugis?

 

Comment di sini