Danau Unik Berwarna Merah Darah

by
March 18th, 2015 at 2:40 pm

CiriCara.com – Pernahkah kamu melihat danau berwarna merah darah seperti di film? Di dunia nyata, danau semerah darah benar-benar ada. Di kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, telah ditemukan danau yang permukaan airnya berwarna merah. Danau dengan luas 6 hektar ini tepatnya berada di perbukitan Raje Mandare, daerah perbatasan antara kota Pagar Alam dengan Kabupaten Kaur, Bengkulu.

danau merah

Danau Merah – Ist

Keberadaan danau yang unik ini dapat dijangkau dalam waktu sekitar dua hari dengan berjalan kaki melewati kawasan hutan dan bukit Rimbacandi, Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Selatan. Di bukit Rimbacandi sendiri terkenal dengan sejumlah peninggalan bersejarah, seperti candi.

Uniknya, meskipun air danau berwarna merah, namun ketika airnya diambil dan diangkat ke permukaan, justru warnanya jernih seperti air biasa. Dalam beberapa kasus penemuan danau berwarna lain, perubahan warna itu terjadi karena organisme kecil seperti ganggang yang hidup di dalamnya. Hal seperti ini pernah terjadi pada danau di Mesir.

Selain danau merah, di perbukitan Raje Mandare yang penuh keunikan itu juga ada sejumlah satwa raksasa. Ada kelabang dengan lebar 30 cm dan panjang 50 cm, burung raksasa, dan kerbau yang di telinganya terdapat sarang lebah. Unik!

Tak hanya Indonesia yang memiliki danau yang unik. Di kepulauan Recherche, Australia Barat, tepatnya di Middle Island, ada danau Hillier yang begitu indah. Air danau Hillier berwarna pink seperti susu stroberi.

Danau pink ini disebutkan keberadaannya dalam Jurnal Matthew Flinder, seorang navigator dan hidrografer asal Inggris. Pada tahun 1802, Flinder memanjat puncak tertinggi Pulau Tengah untuk survei perairan dan rupanya ia menemukan danau berwarna merah muda yang luar biasa.

Beberapa teori menyebutkan warna pink air danau berasal dari organisme yang hidup di dalamnyaDunaliella salina dan Halobacteria. Pendapat lain, warna pink disebabkan adanya bakteri halofilik merah pada kerak garam. Memang, danau Hillier mengandung garam dan telah dilakukan pengekstrakan beberapa waktu lalu.

Tak seperti danau merah Raje Mandare, saat air dikumpulkan di sebuah wadah, warna pink airnya tidak hilang. Apakah kamu ingin ke Australia untuk membuktikannya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini