Fenomena Kakek Sarung Cari Tumbal

by
March 18th, 2015 at 8:43 am

CiriCara.com – Isu tentang hal yang aneh-aneh di Indonesia kini sedang marak terutama di sosial media, sepertinya saingan dengan ketenaran Farhat Abas, Haji Lulung, Ahok, Jokowi dan itu sudah mahfum di kenali warga sosial media atau warga dunia nyata. Pernah dulu ada isu tentang Kakek Cangkul, Nenek Gayung tapi nyatanya seperti terbawa angin, dan hilang tanpa jejak. Dan kini ada isu lagi tentang Kakek Sarung yang marak di Medan.

kakek sarung

Ilustrasi Kakek Sarung – Ist

Katanya sih mahluk Kakek Sarung ini berbeda dengan Lutung Kasarung (penulis nanti akan ceritakan, pada artikel berikutnya), kembali ke Kasar atau Kakek Sarung ini mempunyai kebiasaan yang unik tapi menakutkan, yaitu si makhluk atau kakek sarung ini berpenampilan seperti orang tua (kakek sih), berpakaian lusuh seperti pengemis sekaligus menawarkan sarungnya (tentu sarung yang bukan dia pakai, repot dong kalau yang dipakai) ditawarkan ke pembeli.

Sebetulnya itu bukan sarung, tapi sejenis kain kafan (menakutkan nih) dan bagi siapa saja yang menyentuhnya katanya bisa muntah darah dan meninggal saat itu juga atau beberapa hari berikutnya. Hebohnya berita ini dimulai dari sms berantai yang beredar di Medan, Sumatera Utara.

Berikut cuplikan isi SMS nya, (dialeknya campuran khas Medan)

(“Guys, hati-hati ya ada kakek-kakek yang lagi cari TUMBAL ILMU HITAMNYA MEDAN SEKITAR..ciri-cirinya udah tua pastinya, bawa sarong (sarung maksudnya) dan menjual sarungnya dgn harga murah..dia memaksa org untuk beli sarong nya itu, tapi sarong nya udah jelek. Tapi orang pintar melihat, itu adalah kain kafan, udh banyk korban yang meninggal, ada di Tandem 4 orang, Bandar selembah 1 org. Kalau dia datang kerumah kelen tutup aja pintu kelen, jangan lupa di kunci, di bisa ngilang, terus kalok mau di pegang badan nya licin, katanya dia ada ilmu hitam. Britahu yang lain juga ya. Soalnya kakek itu sudah di daerah asrama jipur) (sms dikutip dari berbagai sumber)

Intinya bahwa isi SMS tersebut berisi tentang himbauan agar berhati-hati, bila ketemu atau malah si Kakek Sarung datang ke rumah dalam rangka menawarkan sarungnya dan sedikit ‘memaksa’ untuk dibelinya, dan mereka mengatakan bahwa bila hal itu terjadi, artinya si korban membeli sarung dengan tawaran yang murah sekitar 5000-an, kemudian pembeli akan menyentuh sarungnya, maka akan menimbulkan hal-hal yang diinginkan, misalnya mual dan muntah serta beberapa hari berikutnya malah meninggal dunia.

Dengan melihat dan membaca isi SMS yang dikirim berantai melalui BBM, sepertinya isinya sangat mengada-ada, tetapi anehnya masyarakat sepertinya ketakutan. Bahkan ada kejadian pada pas akan maghrib ada seorang ibu-ibu didatangi oleh ‘Kakek yang memakai sarung’ menawarkan sarungnya untuk dibeli oleh ibu rumah tangga tersebut, tetapi ibu itu hanya memberikan uang saja (seperti member uang kepada pengemis) dan si ibu itu tidak mau menerima sarung yang ditawarkannya. Peristiwa ibu memberikan uang kepada kakek yang bersarung itu benar adanya, dan itu merupakan hal yang wajar. Tetapi kalau dikaitkan dengan ilmu hitam dan minta tumbal, itu yang imposible.

Semoga tentang Kakek Sarung hanya Isu semata, atau mengalihkan perhatian masyarakat saja. Mungkin dibalik Isu KakeK Sarung, di Medan ada peristiwa apa yah?

Penulis: MasArif

Comment di sini