Yang Harus Diperhatikan dalam Memulai Bisnis

by
March 18th, 2015 at 9:43 am

CiriCara.com – Seringkali dalam melakukan dan menjalankan sebuah bisnis kita tentunya mempunyai prioritas atau tujuan yang sebenarnya ingin kita capai dalam bisnis itu. Boleh-boleh saja agar itu yang memotivasi kita untuk terus berusaha dan tidak menyerah dalam bisnis yang kita jalankan.

Ilustrasi memulai bisnis - Ist

Ilustrasi memulai bisnis – Ist

Namun perlu diketahui bahwa, ada beberap hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan permulaan bisnis. Kenapa? Karena jika hal utama yang menjadi fokus kita, maka itu akan membuat kita merasa semakin down. Coba disimak yuk hal apa aja yang perlu kita lakukan di awal bisnis kita.

1. Jadikan dirimu sebagai Karyawan Bukan Sebagai Bos

Walaupun kita sebagai pelaku bisnis atau owner, namun untuk awal bisnis kita jangan jadikan itu sebagai sesuatu yang membuat kita santai. Kita harus memberi target dan tekanan serta motivasi untuk diri kita sendiri. Coba bayangkan sejak awal bisnis saja kita sudah tidak mau pusing, bagaimana bisa kita mengatur dan mengontrol para karyawan kita kelak? Seorang bos yang baik harus mau melayani.

2. Jangan jadikan Uang Sebagai Target Utama

Kenapa? Kan memang uang yang kita ingin capai dalam melakukan bisnis. Memang namun jika kita hanya menargetkan uang maka bisa dipastikan bahwa bisnis kita hanya akan berjalan sebentar saja. Jumlah uang belum tentu menggambarkan kepuasan pelanggan dan omset kita. Karena dalam melakukan suatu bisnis kita pasti mengharapkan bisnis dalam jangka panjang bukan?

3. Selalu Belajar dari Kesalahan

Belajar dari kesalahan yang ada. Bukan hanya kesalahan kita sendiri namun juga kesalahan orang lain. Kita harus bisa mengambil langkah yang cermat dalam memulai bisnis kita karena ini untuk jangka panjang.

4. Berikan Visi, Misi, dan Tujuan yang Tepat

Visi, Misi, dan Tujuan inilah yang harus menjadi target kita. Bagaimana caranya agar visi, misi dan tujuan kita dapat tercapai? Tentunya dengan terus berusaha dan tanpa menyerah.

Hal sederhana di atas harus Anda lakukan dalam memulai bisnis anda. Jangan patah semangat tentunya karena untuk sampai ke atas gunung, kita harus mendaki dari dasarnya jika kita langsung mencapai atas maka saat jatuh, kita tidak akan tahu bagaiman cara mencapai puncak tersebut. Selamat hidup sukses. Semiga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini