Apa itu Ngidam?

by
March 19th, 2015 at 11:03 am

CiriCara.com – Bagi ibu-ibu yang pernah hamil tentu akan mengalami Ngidam, secara umum ngidam atau (nyidam=bahasa jawa Tegal) adalah rasa menginginkan sesuatu secara tiba-tiba dan biasanya proses ngidam ini yang dialami oleh ibu-ibu adalah empat bulan, selama empat bulan berturut-turut berbeda-beda antar ibu yang hamil yang satu dengan ibu yang hamil yang lain, seperti contohnya si ibu itu akan meriang secara tiba-tiba, adapula yang mual, berasa ingin muntah kalau si ibu tersebut mencium sengaja atau tidak pada nasi, padahal dikala tidak ngidam melihat nasi tidak terjadi reaksi apa-apa (aneh pokoknya) Ada pula yang malas melakukan aktivitas hanya tidur-tiduran.

ngidam

Ibu Hamil Ngidam – Ist

Menurut kedokteran bahwa ngidam atau nyidam salah satu gejala kehamilan yang ‘pasti’ akan menyerang ibu hamil yang terjadi pada trimester pertama, kedua ataupun yang terakhir. banyak pasangan baru yang menerapkan cara-cara dan survey untuk mencari makanan yang sama kepada ibu hamil yang mengalami ngidam, tetapi sulit diketahui dengan pasti bagaimanakah prosesi kerja tubuh seorang ibu hamil saat ngidam?

Para ahli kesehatanpun belum mampu menemukan sebab-musabab dari keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu saat hamil pada wanita. Bagi wanita yang sudah menikah, ngidam adalah suatu kejadian yang terjadi secara tiba-tiba (pada saat ibu hamil pertama). Dan ngidam itu biasanya dipengaruhi oleh zat hormon. Selain hormon, ngidam juga sebagai tanda ibu hamil memerlukan nutrisi tertentu untuk menambah kalori selama kehamilan, disamping protein dan zat besi dan ini penting dalam masa pertumbuhan bayi yang dikandungnya.

Tetapi bagaimanapunjuga bahwa ngidam tidak diketahui secara pasti bagaimana proses hormone mempengaruhi selera makan sehingga menjadikan si ibu terhadap makanan. Misalnya demikian, pada kehamilan pertama, seorang ibu ngidam untuk makanan seperti sate, kepiting, kerang atau dodol. Sedangkan kehamilan berikutnya, ngidamnya lain menu seperti suka minum es krim, pisang ambon. Ngidam bagi ibu hamil bukan suatu kejadian yang aneh, tetapi itu sudah fenomena unik yang terjadi pada ibu hamil dan tanpa diperkirakan sebelumnya.

Jadi kesimpulannya bahwa bagi para suami, sikap cuek, tidak peduli dan tidak perhatian kepada ibu atau istri yang sedang hamil dihindari. Apalagi kalau istri ngidamnya membenci suami atau bau suami misalnya (karena banyak kasus perceraian di awal kehamilan), karena suami tidak bisa memahami kondisi istrinya yang sedang ngidam atau belum mampu memberikan penanganan yang sesuai bagi istri. Intinya kedua belah pihak harus bisa memahami satu sama lain antara istri dan suami. Selamat ngidam, bagi pembaca yang sekarang lagi ngidam.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Mitos dan Fakta Seputar Ngidam

Comment di sini