Awas! Kakek Sarung Cuma Hoax

by
March 19th, 2015 at 8:24 am

CiriCara.com – Isu Kakek Sarung beredar melalui BBM di Medan. Kakek tersebut dipercaya mencari korban nyawa sebagai tumbal ilmu hitamnya. Untuk itu, kepolisian setempat menanggapi keresahan masyarkat tersebut.

kakek kakek

Ilustrasi Kakek Sarung – Ist

Mitos Kakek Sarung

Kabarnya, ada seorang kakek yang menyambangi rumah-rumah untuk meminta sedekah. Selain itu, kakek tersebut juga menjual kain sarung. Anehnya, pakaian itu hanya dihargai Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Jika penghuni rumah tidak bersedia membeli, kakek akan menangis sejadi-jadinya. Orang itu kemudian merasa iba sehingga membeli sarung Si Kakek. Konon, tak lama setelah Si Kakek pergi, sarung berubah menjadi kafan,  pembeli sarung pun tewas.

Waspada

Belakangan, muncul isu lima korban Kakek Sarung di kawasan Sunggal. Isu Kakek Sarung beredar di Medan, Langkat, Deli Serdang, dan Binjai. Tidak hanya melalui BBM, isu juga beredar melalui SMS dan media sosial. Pesan tersebut mengingatkan kepada pembacanya agar selalu waspada karena Kakek Sarung bukanlah manusia biasa. Tidak diketahui siapa orang pertama yang menyebar isu itu.

Tertangkap

Dilansir dari tribunnews.com, warga Lubuk Pakam digemparkan dengan isu tertangkapnya Kakek Sarung. Tidak tanggung-tanggung, ratusan orang langsung menyerbu kantor polsek setempat untuk melihat siapa pencari tumbal itu. Mirisnya, Pegawai Negeri juga ikut berdatangan. Petugas pun kewalahan membubarkan warga.

Rupanya, yang tertangkap bukanlah kakek pembawa sarung namun pembawa sampah. Polisi mengamankan kakek pengemis, Lukman Hakim yang berusia 66 tahun dari Desa Pagar Merbau III, Kecamatan Lubuk Pakam.

Hoax

Dilansir dari laman okezone.com, Kapolsek Medan Sunggal, Kompol Aldi Subantono membantah isu yang terjadi di wilayah hukumnya. Aldi mengatakan tidak adak ada laporan warga terkait lima korban Kakek Sarung. Laporan dari Kepala Desa dan Kepala Dusun juga tidak ada.

Pernyataan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Helfi Assegaf, turut menguatkan. Dilansir dari laman detik.com, Helfi menyatakan situasi di berbagai daerah aman-aman saja. Helfi juga mengungkapkan setiap polres sudah mengecek benar tidaknya isu tersebut.

Jangan Resah

Isu Kakek Sarung sudah terbukti hanya iseng belaka. Aldi dan Helfi menyatakan bahwa pesan tersebut tidak benar. Aldi meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh. Tidak ada yang perlu diresahkan karena pesan itu hanya hoax saja.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini