Bak Lone Ranger, Ahok Sendirian ‘Melawan’ Parlemen Ibukota

by
March 19th, 2015 at 11:16 am

CiriCara.com – Sejak menyatakan keluar dari Partai Gerakan Indonesia Raya, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok, seperti ‘petarung politik’ tanpa pasukan. Ia benar-benar sendirian. Tak ada lagi partai yang mem-backup-nya. Maka, tak heran bila kemudian, Ahok mulai ‘digebuk’ dari berbagai penjuru, terutama gebukan yang paling keras datang dari kalangan parlemen Jakarta.

ahok

Ahok di kantornya – Ist/Tempo.co

Lihat saja, saat Ahok hendak naik kelas menggantikan Jokowi jadi Gubernur, karena Jokowi, Gubernur sebelumnya terpilih menjadi Presiden RI, setelah menang di pemilihan presiden, Ahok mulai mendapat ‘gebukan’. Beberapa elit, coba bermanuver ‘menghadang’ Ahok agar tak naik tampuk. Ada pimpinan DPRD Jakarta, berpendapat, bahwa Ahok tak serta merta naik takhta hanya karena Gubernur Jokowi promosi jadi Presiden.

Mereka pun ketika itu memakai UU Pilkada/Perpu Pilkada sebagai alat pembenaran. Bahkan ketika itu sampai muncul demo besar-besaran yang dilakukan Front Pembela Islam yang menolak Ahok jadi Gubernur. Demo pun berakhir rusuh. Tapi penolakan tetap disuarakan. Tak hanya demo, penentang Ahok pun sampai harus melahirkan Gubernur ‘tandingan’. Sekarang, kabar tentang Gubernur ‘tandingan’ tak terdengar lagi.

Tapi akhirnya Ahok naik juga jadi Gubernur. Uniknya, Ahok dilantik langsung Presiden Jokowi, mantan bosnya di Balai Kota DKI Jakarta, di Istana Negara. Mungkin baru Ahok yang dilantik langsung Presiden di Istana. Ahok pun jadi Gubernur. Tinggal mencari calon pendampingnya yang akan diplot jadi Wakil Gubernur. Ini pun sempat memantik polemik, karena Ahok ‘keukeuh’ ingin memilih calon pendampingnya sendiri. Ahol tak mau begitu saja menerima calon yang disodorkan partai. Kalangan DPRD, agak jengkel dengan sikap Ahok. Tapi akhirnya pilihan Ahok, Djarot Syaiful Hidayat dilantik juga sebagai Wakil Gubernur Jakarta.

Sampai akhirnya berita tentang ‘anggaran siluman’ yang menyusup dalam rancangan APBD DKI Jakarta di ledakan Ahok ke permukaan.’Perang terbuka’ antara Ahok dengan kalangan dewan pun tak terhindarkan. Ahok benar-benar ‘dikeroyok’. Tapi bak jagoan pembasmi para bandit dalam film The Lone Ranger, Ahok dengan gagah menghadapi semua serangan nyaris sendirian. Mungkin ‘pasukan’ yang membentengi dia, adalah dukungan publik. Terutama yang digerakan para netizen di dunia maya. Ahok pun benar-benar jadi Lone Ranger, dengan pistol terhunus di tangan, bersiap menembaki para ‘siluman’ yang akan ‘menjarah’ kampung rakyat.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini