Berkah “Anggaran Siluman”, Lulung Pun Mendunia

by
March 19th, 2015 at 9:10 am

CiriCara.com – Perseteruan antara Gubernur Daerah Khusus Ibukota Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok dengan kalangan legislator parlemen Jakarta yang dipicu oleh tudingan tentang adanya ‘anggaran siluman‘, menarik dicermati. Karena perseteruan itu, tak hanya melibatkan elit semata. Tapi juga menarik publik untuk ikut terlibat ke tengah gelanggang perseteruan.

haji lulung

Haji Lulung – Ist

Aksi dukung mendukung pun terjadi. Pro kontra berlangsung dengan sengit. Lihat saja saat momen car free day, publik beberapa kali disuguhi aksi dukung mendukung. Ada kelompok yang mendukung Ahok, yang berkampanye meminta dukungan kepada yang hadir di acara car free day, tapi ada pula kelompok yang mendukung parlemen Jakarta alias yang kontra dengan Ahok, yang juga melakukan hal sama, mencoba menarik simpati dukungan warga. Bundaran Hotel Indonesia pun jadi tempat favorit bagi dua kelompok yang bersebrangan aspirasi.

Selain dari ruang publik, warga Ibukota pun disuguhi berbagai ulasan berita tentang perseteruan antara Ahok dan DPRD Ibukota. Dan, nama sentral atau bintang panggungnya, tentu adalah Ahok sendiri. Tapi, muncul nama baru yang juga menyeruak ke permukaan dalam perseteruan itu. Bintang baru itu adalah Haji Lulung. Siapa Haji Lulung? Haji Lulung adalah Wakil Ketua DPRD Jakarta. Nama lengkapnya adalah Abraham Lunggana, tapi biasa disapa Lulung.

Kata orang, Haji Lulung ini ‘penguasa’ Tanah Abang. Banyak cerita tentang itu. Puluhan kios dimiliki Haji Lulung di pusat grosir Tanah Abang, yang disebut-sebut pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Kisah Ahok versus Haji Lulung sebenarnya tak hanya terjadi saat perseteruan yang dipicu oleh masalah anggaran siluman saja, tapi perseteruan antara keduanya juga pernah terjadi untuk masalah yang berbeda. Namun, perseteruan ‘anggaran siluman’ inilah yang membuat nama Haji Lulung melesat, hingga menembus dunia maya. Bahkan tak hanya mengindonesia, tapi nama Haji Lulung juga mendunia, setelah tagar #SaveHajiLulung bertengger jadi trending topic di Twitter.

Via Twitter, Haji Lulung pun mendunia, menembus batas-batas negara. Ini mungkin bisa dikatakan ‘berkah’ tersendiri bagi Haji Lulung. Adalah drama mediasi di gedung Kementerian Dalam Negeri yang membuat Haji Lulung mendunia. Di acara mediasi itu, Haji Lulung adalah legislator yang paling keras mendebat Ahok. Ahok keras, Haji Lulung tak kalah keras. Kerasnya pernyataan Haji Lulung pun langsung disambar para netizen yang memang super kreatif. Maka muncullah tagar #SaveHajiLulung.

Bertebaranlah meme-meme penuh sindiran terhadap Haji Lulung. Belum lagi kicauan dari para netizen yang berlomba-lomba mengomentari sang penguasa Tanah Abang. Pak Haji pun, mendunia. Saran saya untuk Pak Haji Lulung, berterima kasihlah kepada para netizen yang telah membuat nama bapak nomor wahid di republik maya. Dan, jangan lupa haturkan terima kasih yang sama pada Twitter, karena Twitter-lah,nama bapak kini tenar dibicarakan dimana-mana.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini