Fenomena Pemberitaan di Indonesia

by
March 19th, 2015 at 1:55 pm

CiriCara.com – Indonesia sudah 70 tahun (17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2015). Kalau dinisbatkan kepada orang, maka usia itu sudah mendekati Uzur sudah kakek-kakek, tapi pastinya bukan kakek sarung made in Medan yang akhir-akhir ini marak (semoga cepat hilang). Usai 70 tahun seharusnya sudah rajin mendekatkan diri terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tetapi apa yang terjadi di Indonesia.

berita

Ilustrasi – Ist

Sejak pergantian pemerintah dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Joko Widodo (Jokowi). Banyak cerita dan kejadian yang aneh-aneh (menurut Masarif loh). Awalnya kita senang dengan Presiden yang baru ini, pilihan rakyat baik rakyat yang jelas dan rakyat yang tidak jelas (kata beberapa sumber).

Tetapi bulan kemarin, banyak diungguh beberapa berita yang isinya, mungkin sangat mengejutkan seperti:

  1. KPK VS Polri. Sangat menyedihkan memang, KPK yang diidolakan oleh masyarakat dalam piawai pemberantasan korupsi ternyata dimasalahkan dengan Polri, pasalnya karena gara-gara dari Calon Kapolri adalah diduga ‘tersangka’ dan mempunyai rekening gembrot (menurut masyarakat/LSM) akhirnya jadi begini. Entah seterusnya bagaimana, karena penulis tidak pernah memantau berita tersebut (sibuk bikin artikel)
  2. Ahok VS DPRD. Gubernur DKI om Ahok juga melawan DPRD DKI, gubernur tersebut dengan tegas dengan adanya proyek siluman yaitu berupa UPS yang dianggarkan oleh DPRD setempat, dan alat elektronik tersebut sudah dibagi-bagikan kepada sekolah-sekolah negeri di Jakarta, padahal ada yang bilang para kepala sekolah ‘dipaksa’ untuk
  3. Kakek Sarung. Di Medan sudah terjadi dan perlu dibuktikan. Awalnya hanya sms berantai yang kemudian disebar kemana-mana yang intinya  tentang kewaspadaan dengan adanya mahluk misterius bernama Kakek Sarung tersebut.
  4. Haji Lulung VS Ahok. Dulu pernah diberitakan  jadi gubernur ‘tandinganya’ dengan om Ahok, tetapi berita tersebut akhirnya tenggelam sendiri, kemudian muncul kembali yang katanya ada hubungannya dengan kasus anggaran pendapatan daerah.
  5. Begal Motor. Merupakan fenomena yang masih anget ketika pelaku begal dibakar massa, yang berdampak pada masyarakat yang pulang larut. Karena takut barangkali pelaku yang lain balas dendam.
  6. Koruptor dapat Remisi. Korupsi sudah pasti dibenci oleh masyarakat luas, tetapi apa jadinya bila koruptor mendapat remisi, bisa-bisa hukumannya cepat habis. Dan kembali bebas.
  7. Nenek Curi Kayu Jati di Bui. Cerita nenek curi kayu dari masyarakat miskin tapi dibui menjadi berita hangat saat ini.

Dari tujuh berita dan kejadian tersebut atau mungkin yang akan datang ada berita yang baru lagi. Yang menjadi penasaran penulis bahkan pembaca, sebenarnya di Indonesia yang usianya hampir uzur ini, ada apa dengan Indonesia ? coba tanya kenapa !

Penulis: MasArif

Comment di sini