Karena Ahok, Haji Lulung Pun Akhirnya Twitteran

by
March 19th, 2015 at 2:38 pm

CiriCara.com – Salah satu efisode yang terselip dari drama perseteruan antara Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI Jakarta), Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan pimpinan DPRD Jakarta beserta anggotanya, adalah ‘mendunianya’ seorang Wakil Ketua DPRD. Siapa dia yang mendunia itu? Dia, adalah Haji Lulung atau nama lengkapnya, Abraham Lunggana, tapi Lulung jadi trade mark-nya sekarang.

Haji Lulung dan Ahok

Haji Lulung dan Ahok – Ist

Nama Lulung, kini tak hanya tenar dilingkup tempatnya tinggal. Tak pula terkenal hanya di Jakarta. Tapi nama Lulung, menggema hingga tingkat dunia. Dalam perseteruan antara Gubernur Jakarta dengan DPRD Ibukota, Ahok dan Lulung tak satu barisan. Tapi keduanya justru saling berhadap-hadapan. Lulung bisa dikatakan ‘speaker-nya’ parlemen Jakarta untuk menangkis setiap ‘ocehan’ Ahok tentang DPRD Ibukota.

Tidak heran, bila Ahok bersuara, Lulung akan menyambut ulang. Ahok lantang menuding, Lulung trengginas menangkis. Cerita saat mediasi di gedung Kementerian Dalam Negeri adalah salah satu bukti sahihnya bagaimana Lulung dan Ahok saling berhadap-hadapan, saling serang, saling debat. Apalagi video rekaman ramai gaduhnya acara mediasi di Kemendagri di unggah ke situs berbagi video Youtube. Ahok dan Lulung pun jadi ‘bintang’ dari drama perseteruan tersebut.

Adalah Twitter, yang membuat Lulung melesat, hingga namanya mampu menyaingi ‘ketenaran’ Ahok. Ya, di republik Twitter, nama Lulung jadi bahan kicauan para netizen. Sebuah tagar tema kicuan pun dilansir : #SaveHajiLulung. Tak terduga, tagar itu langsung disambut ramai oleh para penghuni Twitter, khususnya penghuni Twitter bagian Indonesia. Panggung kicau di Twitter pun ramai dengan nama Lulung. Hastag #SaveHajiLulung pun laku keras disematkan dalam setiap kicauan para netizen. Bahkan, meme-meme lucu penuh sindiran pun diproduksi tiada henti. Ruang Twitter pun penuh sesak dengan segala hal berbau Haji Lulung. Sampai akhirnya hastag #SaveHajiLulung memecahkan rekor menjadi trending topic dunia.

Namun kemudiaan di dunia nyata, lahir babak cerita baru yang menarik hati. Haji Lulung pun, akhirnya secara resmi mendaftarkan diri jadi salah satu warga Republik Twitter. Dari sebuah portal berita, cerita Haji Lulung mendaftar jadi warga Twitter saya dapatkan. Di situs Kompas.com, saya membaca sebuah berita yang mengabarkan bahwa Haji Lulung sekarang telah membuat akun Twitter. Akun resmi Haji Lulung itu adalah @halus24. Di berita Kompas.com juga dikutip pengakuan Haji Lulung saat diwawancarai sebuah stasiun televisi, bahwa akun @halus24, adalah akun resminya yang baru saja dibuat.

Akhirnya, setelah mendunia, Haji Lulung resmi akan twitteran. Maka, sudah sepantasnyalah, Haji Lulung berterima kasih kepada Ahok. Sebab karena Ahok-lah, Haji Lulung akhirnya twitteran. Coba, kalau keduanya tak berseteru, mungkin Haji Lulung tak akan pernah mampir ke Twitteran. Kepada para netizen, sambutlah warga baru Republik Twitter. Ini warga istimewa, karena namanya pernah mendunia.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini