7 Jajanan Paling Hits Khas Betawi

by
March 20th, 2015 at 11:24 am

CiriCara.com – Kalau dari sejak kecil kamu tinggal di Jakarta pasti enggak asing dengan berbagai jenis panganan di bawah ini. Seiring dengan arus jaman mungkin ada beberapa panganan yang kini sulit ditemui. Dan biasanya hanya ada saat pameran perayaan ulang tahun Jakarta.

kerak telor

Penjual Kerak Telor – Ist

Buat kamu yang pengen nyobain jajanan khas Betawi enggak perlu nunggu ulang tahun Jakarta. Berikut jajanan khas Betawi yang bisa dengan mudah kamu temui.

1. Kerak Telor

Biasanya telor yang digunakan ialah telor ayam atau telor bebek. Lalu dicampur dengan bumbu khas, nasi, serundeng, dan bawang goreng. Kemudian dimasak di atas tungku tradisional yang menggunakan arang. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual kerak telor di halaman Monas atau di jalanan sekitar Kemayoran, Jakarta Pusat.

2. Kue Rangi

Ini merupakan camilan yang terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa. Lalu adonan tersebut dipanggang di atas cetakan (serupa cetakan kue pancong) dengan menggunakan kayu bakar. Setelah matang, di atasnya dilumurin saus kental yang terbuat dari campuran gula merah dan kayu manis.

3. Kembang tahu

Dibuat dari endapan kacang kedelai yang sudah dihaluskan. Kembang tahu biasanya disajikan bersama siraman rebusan gula aren yang telah direndam dengan daun pandan.

4. Kembang goyang

Camilan renyah bercita rasa gurih dan manis ini terbuat dari campuran telur ayam, gula, tepung beras, tepung sagu, dan santan. Kemudian dicetak menggunakan cetakan khusus, setelah itu dimasak dalam rendaman minyak panas, sambil cetakan digoyang-goyang.

5. Getuk Lindri

Kamu bisa dengan mudah menemukan camilan ini di penjual kue pasar tradisional. Getuk lindri terbuat dari parutan halus singkong, gula, dan setelah itu dikukus. Kemudian disajikan dengan parutan kelapa yang telah diberi garam.

6. Es Doger

Minuman ini sangat menyegarkan karena terbuat dari parutan halus es batu, lalu diisi dengan ketan hitam, pacar cina, alpukat, siraman sirup dan susu kental manis.

7. Kue Putu

Sebelum memakannya saja kita bisa langsung terpesona dengan harum kue yang satu ini. Aroma khas pandan memang ciri khasnya. Kue putu diolah dengan cara yang unik, yaitu adonan dimasukan ke dalam cetakan tabung bambu, dimasukan sedikit parutan gula merah, lalu dikukus. Setelah matang disajikan dengan parutan kelapa. Sangat nikmat dimakan saat masih hangat, rasanya gurih, manis, dan lembut.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini