Apa itu Hari Raya Nyepi?

by
March 20th, 2015 at 2:28 pm

CiriCara.com – Apa sih Hari Raya Nyepi itu? Secara singkat hari raya Nyepi merupakan salah satu hari raya yang sangat sakral terutama bagi umat Hindu di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri, daerah yang paling mendominasi agama Hindu ini adalah daerah Bali. Hari raya Nyepi pada tahun ini akan jatuh pada tanggal 21 Maret 2015 atau hari Sabtu. Seluruh rangkaian persiapan mulai dilakukan oleh umat Bali dalam menyambut hari raya yang sangat berart bagi mereka ini.

Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi – Ist

Hari raya Nyepi sendiri dalam agama Hindu bertujuan untuk menyepikan diri, dengan harapan manusia akan kembali lahir baru dengan menyucikan diri pada hari raya Nyepi ini. Karenanya, nanti pada saat hari Sabtu, 21 Maret 2015 nanti seluruh umat Hindu dilarang untuk melakukan aktivitas.

Bukan hanya tidak boleh melakukan aktivitas, mereka juga dilaranag menyalakan lampu dan melakukan berbagai hal yang berbau duniawi. Kenapa? Ya dengan tujuan tadi agar umat manusia dapat menyucikan diri dan dapat lahir sebagai manusia baru. Hari raya Nyepi sendiri dalam kalender umat Hindu dilakukan dalam menyambut tahun baru Saka.

Berbagai adat dan ritual telah dilakukan oleh umat Hindu di seluruh belahan dan dunia tak terkecuali di Indonesia. Ritual ini salah satunya dengan diaraknya Ogo-ogo yang merupakah suatu gambaran mengenai hal-hal yang buruk. Ogo-ogo ini dibuat sesuai dengan apa yang diinginkan untuk dihapus oleh mereka. Ogo-ogo ini kelak akan diarak diringin dengan ritual lainnya.

Setelah hal itu dilakukan ogo-ogo ini akan dibakar pada malam harinya nanti. Pemabakaran yang dilakukan ini bertujuan untuk menghapus hal-hal yang kurang baik dan ingin untuk dihilangkan. Misalnya di Indonesia hal yang ingin dihilangkan adalah korupsi. karena itu di salah satu daerah di Indonesia yaitu Surabay, dibuat Ogo-ogo yang berbentuk tikus berdasi atau yang melambangkan mereka yang korupsi atau koruptor.

Sebagai negara Indonesi ayng dengan memiliki keanekaragaman budaya dan agama dan lainnya sudah sepatutnya kita ikut menghargai mereka yang merayakan hari raya Nyepi ini. Selamat hari raya Nyepi bagi umat Hindu di Indonesia khususnya. Selamat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini